HMJ Biologi UIN Alauddin Makassar Galakkan Biomassa di Dusun Matteko

  • 26 Mei 2024
  • 10:02 WITA
  • Admin_Bio
  • Berita

Biosense – Himpunan Mahasiswa Jurusan (HMJ) Biologi Fakultas Sains dan Teknologi (FST) UIN Alauddin Makassar melaksanakan program Biologi Masuk Desa (Biomassa) di Dusun Matteko, Desa Erelembang, Kecamatan Tombolo Pao, Kabupaten Gowa, pada Jum'at (24/5/2024).

Kegiatan yang mengusung tema “Menumbuhkan Jiwa Sosial dan Meningkatkan Kreativitas Melalui Biomassa” tersebut berlangsung selama tiga hari, dimulai sejak 24 Mei hingga 26 Mei 2024.

Koordinator bidang pengabdian masyarakat, Rosdiani, menyampaikan bahwa terdapat beberapa rangkaian kegiatan dalam Biomassa tersebut.

"Pada hari pertama adalah pembukaan kegiatan Biomassa. Di hari kedua, kami melakukan sosialisasi ke SD hingga SMP tentang kesehatan mulut dan praktik pengolahan limbah rumah tangga menjadi pupuk organik. Di hari terakhir, kami mengadakan pembagian dan penanaman bibit kepada masyarakat setempat," ucapnya.

Sementara itu, guru madrasah ibtidaiyah (MI), Nasir, mengapresiasi dan berterima kasih kepada HMJ Biologi yang telah memilih Dusun Matteko sebagai lokasi kegiatan desa.



 "Kami selaku masyarakat dusun sangat mengapresiasi dan berterima kasih karena dusun kami menjadi pilihan kegiatan Biomassa. Semoga kegiatan ini memberikan inovasi kepada masyarakat dusun kami," ujarnya.

Ia juga mengatakan bahwa kegiatan pembuatan pupuk kompos yang diolah dari rumah dapat semakin berkembang. Ia menambahkan bahwa di masa depan, masyarakat diharapkan sudah mampu memproduksi pupuk kompos sendiri untuk mengembalikan kesuburan tanah yang telah mengalami degradasi.

"Semoga ke depannya warga masyarakat sudah mampu membuat pupuk kompos untuk mengembalikan tanah yang kerdil menjadi subur," harapnya.

Penulis : Muh Azhar S.Putra (Koordinator UKH Biosense)

Editor : Muh Azhar S.Putra (Koordinator UKH Biosense)