Tim PKM Prodi Biologi Latih Masyarakat Matteko Olah Limbah Rumah Tangga Menjadi Pupuk Organik

  • 27 Mei 2024
  • 03:45 WITA
  • Admin_Bio
  • Berita


Program Studi Biologi Fakultas Sains dan Teknologi UIN Alauddin Makassar kembali melaksanakan kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat (PkM), kali ini kegiatan berlangsung di Dusun Matteko, Desa Erelembang, Kecamatan Tombolopao,  Kabupaten Gowa (Sabtu, 25/05/2024).

PkM Prodi Biologi mengusung konsep pelatihan langsung (Workshop) kepada masyarakat Dusun Matteko dalam rangka pengolahan limbah rumah tangga menjadi pupuk organik. Adapun narasumber dalam kegiatan PkM ini adalah Devi Armita, S.Si., M.Si., yang merupakan dosen prodi biologi yang juga merupakan kepala laboratorium prodi biologi periode 2024-2028.

Dalam pemaparannya Devi Armita menjelaskan bahwa limbah rumah tangga menjadi masalah penting yang dapat menimbulkan berbagai dampak negatif bagi lingkungan dan kesehatan masyarakat. Oleh sebab itu, diperlukan langkah khusus untuk menangani persoalan ini agar tidak menimbulkan masalah yang lebih besar.

"Pengolahan sampah itu masalah kita bersama, sehingga ditangani juga bersama-sama. Kita mulai dari rumah masing-masing dengan pengolahan berbasis keluarga, dengan penanganan sampah rumah tangga kita masing-masing," tuturnya.


Lebih lanjut Ia mengutarakan bahwa limbah rumah tangga justru bisa menjadi potensi besar dalam dunia pertanian masyarakat Dusun Matteko.

"Lingkungan kita ini adalah lingkungan pertanian, jadi potensinya besar kalau limbahta'  diolah jadi pupuk organik. Manfaatnya bisa dirasakan langsung untuk digunakan di lahan pertanianta' . Apalagi limbah rumah tangga itu tidak bisa dielakkan sehingga harus ada solusi lain yang tidak meninggalkan masalah baru. Dan solusinya adalah kita olah menjadi pupuk organik semacam ini," jelasnya. 

Sembari menguraikan tentang prinsip kerja dari pengolahan limbah rumah tangga ini, Devi Armita -dibantu dengan beberapa orang mahasiswa dan Tim PkM- turut melaksanakan demo pengolahan langsung limbah rumah tangga. Masyarakat yang didominasi oleh kaum pria juga ikut terlibat secara langsung dalam kegiatan pelatihan tersebut dengan membantu pencacahan dan pencampuran limbah rumah tangga untuk diubah menjadi pupuk oganik.


Sekretaris Desa (Sekdes) Erelembang, Marsic Djafar, S.Pd., menyambut baik kedatangan Tim PkM dan berharap bahwa kegiatan ini menjadi titik tolak pengembangan konsep pertanian organik oleh masyarakat Dusun Matteko.

"Kami selaku pemerintah Desa menyambut  kedatangan Bapak/Ibu dari Jurusan Biologi UIN Alauddin Makassar. Kalau ada hal-hal baik yang bisa dipraktekkan langsung oleh masyarakat tentu kami dukung penuh. Apalagi akhir-akhir ini Matteko sedang ramai dikunjungi oleh orang-orang luar. Potensinya besar sekali untuk dikembangkan, barangkali masyarakat bisa pelan-pelan mengembangkan ini (pertanian organik), yang dari sampah rumah-rumah begitu," paparnya.


Kegiatan PkM ini juga turut mengenalkan masyarakat Dusun Matteko tentang potensi pemanfaatan tanaman lokal yang ada di sekitar.

Senada dengan hal itu, Muh Sakur selaku Kepala Dusun Matteko menjelaskan bahwa terwujudnya kegiatan ini diharapkan memberikan kontribusi nyata bagi kesadaran masyarakat untuk mengolah sampah dari rumah dan lebih produktif digunakan untuk kawasan pertanian masyarakat.

Kegiatan PkM ini juga turut menggandeng mahasiswa biologi yang melaksanakan kegiatan bertajuk Biologi Masuk Desa yang berlangsung sejak 24 Mei 2024.


Kontributor : NM

Foto/Gambar: RFA