MALAM PUNCAK MILAD HMJ BIOLOGI KE-15 : Mempererat Silaturahmi Wujud Indah Ikatan Kekeluargaan

  • 11 April 2021
  • 09:03 WITA
  • SH_Amrullah
  • Berita

Himpunan Mahasiswa Jurusan (HMJ) Biologi Fakultas Sains dan Teknologi sukses gelar milad ke-15 dengan mengangkat tema “mempererat silaturahmi wujudkan ikatan kekeluargaan” di Warkop Radja Jl. Abdul Muthalib, Gowa, Sabtu (11/04/2021).

Nur Adnan selaku Ketua HMJ Periode 2021 menegaskan bahwa tema yang diangkat bukan sekedar tema namun sebuah doa agar HMJ bisa lebih baik dan jaya kedepannya.

“Tema yang kami angkat bukan sekedar tema namun adalah doa agar HMJ biologi semakin baik kedepanya, semakin erat ikatan keluarga dan semakin jaya,” tuturnya.

Kegiatan milad ini merupakan kegiatan tahunan yang dilaksanan oleh HMJ Biologi yang pada tahun ini diadakan secara daring dan luring (hybrid). Perayaan milad ini diadakan pertama kali pada priode kepengurusan 2013 dengan menampilkan berbagai bakat terpendam  dari mahasiswa Biologi.

“Perayaan milad ini diadakan pertama kali pada priode kepengurusan 2013 pada umur ke 7 dan hari ini telah mencapai umur 15 ditahun 2021 dan juga berbicara tentang milad biasanya kita mencari bakat terpendam mahasiswa,” ucap Zulkarnain yang merupakan Sekretaris IKA Alumni Biologi.

Dalam sambutanya, Zulkarnain juga berharap di usia yang ke-15 HMJ Biologi banyak mengambil pelajaran dari kepengurusan terdahulu dan tetap mewadahi seluruh masyarakat biologi yang masih terdaftar sebagai mahasiswa.

“Semoga milad ke 15, pengurus tetap mewadahi seluruh mahasiswa biologi bukan hanya adek-adeknya namun juga kakak-kakanya baik yang masih tercatat sebagai mahasiswa sebagai tanggung jawab dari himpunan yang menjadi wadah dan saya harap para pengurus periode ini dapat belajar dari kepengurusan terdahulu agar lebih baik lagi” lanjutnya.

Milad tahun ini banyak menampilkan persembahan seni dari beberapa Angkatan, yaitu tari empat etnis dari mahasiswa biologi angkatan 2018 (Bicuspidalis), Tari Butta Kalassukang dari mahasiswa biologi angkatan 2019 (Ligamen) dan Tari paddupa ditampilkan oleh mahasiswa biologi angkatan 2020.

Pembina HMJ Bapak Syarif Hidayat Amrullah mengapresiasi  seluruh panitia dan penampil yang telah terlibat dalam menyukseskan malam muncak milad HMJ Biologi ini.

“Saya mengapresiasi semua panitia yang terlibat dalam kegiatan ini dan saya juga harap untuk milad kedepannya bukan hanya adek-adeknya yang memberi persembahan namun juga kakak-kakanya mulai 2013-sekarang mau itu tampil menyayi, puisi, bahkan stand up comedy,” ungkapnya.

Selain beberapa pertunjukan seni, kegiatan ini juga diisi dengan Talk Show yang mengangkat tema “Organisasi sebagai wadah wujudkan mahasiswa yang produktif menuju karir gemilang” dengan pemateri Zul Janwar dan Andika Saputra Sudirman.

Andika Saputra Sudirman menyatakan dalam materinya bahwa organisasi akan menjadikan kita berbeda dengan orang lain sehingga kita mampu bersaing dalam dunia kerja.

“Organisasi menjadi jembatan agar dapat gemilang di dunia kerja namun tetap mengutamakan kemampuan akademik karena Biologi merupakan ilmu yang umum,  untuk itu di dalam dunia kerja dengan berorganisasi kita dapat menjadi pembeda dengan orang lain karena kenapa selain membawa ilmu bilogi kita juga mendapatkan skill dari organisasi,” paparnya.

Pemateri kedua, Zuljanwar menyatakan bahwa dengan berorganisasi kita dapat mengembangkan Soft Skill seperti manajemen waktu, berbicara di depan publik dan juga memimpin.

”Kampus itu tempatnya belajar tumbuh dan hidup, jika teman teman di kampus tidak tumbuh dalam artian tidak mengikuti organisasi teman teman akan tertinggal. Terakhir Untuk adek adek ku jadikan organisasi menjadi tempat belajar, berkembang namun jangan lupakan nilai nilai biologi yang semestinya menjadi disiplin ilmu kita,” jelasnya.

Diakhir perayaan ini, dilakukan pemotongan tumpeng sebagai bentuk rasa syukur atas umur HMJ ke-15. Perlu diketahui kegiatan ini dihadiri oleh seluruh mahasiswa biologi serta para dosen dan alumni biologi baik secara luring maupun daring dan yang paling penting kegiatan ini tetap mematuhi protokol kesehatan Covid-19.

Penulis: Nurul Melinda