Sambut Bulan Suci Ramadan, HMJ Biologi Helat Tabligh Akbar Daring

  • 11 April 2021
  • 08:41 WITA
  • Admin_Bio
  • Berita

Menyambut bulan suci ramadan Himpunan Mahasiswa Jurusan (HMJ) Biologi Fakultas Sains dan Teknologi UIN Alauddin Makassar mengadakan Tabligh Akbar dengan mengangkat tema "Sucikan Hati Luruskan Niat" (Jumat/09/04/2021) via Zoom.

HMJ Biologi tidak henti-hentinya membuat terobosan baru di dalam berorganisasi, salah satunya kegiatan Tabligh Akbar menyambut ramadan yang dilaksanan oleh divisi akhlak dan moral. Kegiatan Tabligh Akbar ini mendatangkan dua orang pemateri yang mengulas seputar persiapan menyambut bulan ramadan.

Pemateri pertama yaitu Ustad Dirhamzah, S.Pd.I.,M.Pd.I yang merupakan salah satu dosen integrasi  keilmuan pada Program Studi Biologi Fakultas Sains dan Teknologi UIN Alauddin Makassar. Dalam membawakan materinya, Ustad Dirham membagikan kiat kiat dalam meyambut bulan ramadan, beliau menyatakan dalam ceramahnya bahwa menghadapi bulan penuh berkah ini salah satu hal yang dapat dilakukan adalah dengan meluruskan niat serta mensucikan hati.

"Kiat yang pertama perlu diluruskan niat dengan memperkuat motivasi dalam beribadah serta melakukan perencanaan selama 1 bulan ibadah-ibadah apa saja yang akan dilakukan selama ramadan. Kiat yang kedua adalah mensucikan hati dengan meminta maaf kepada kedua orang tua serta menyudahi permasalahan yang telah terjadi selama 11 bulan yang lalu," tuturnya.

Lebih lanjut beliau mengungkapkan bahwa dalam meluruskan niat ada 2 cara yang dapat dilakukan yaitu banyak beristigfar dengan bertaubat kepada Allah SWT dan membersihkan hati dari segala penyakit hati.

"Banyak banyak istighfar memohon ampun dan harus dilakukan dengan taubatan nasuha, namun jika berkaitan dengan orang lain harus ada permohonan maaf kepada orang yang telah disakiti dan menghindari penyakit hati seperti gibah, iri hati, dengki dan takabur," jelas pria kelahiran Sengkang tersebut.

Materi kedua dibawakan oleh Sukriadi S.Si yang merupakan Sekretaris Pimpinan Wilayah Sulawesi Selatan Lingkar Dakwah Mahasiswa Indonesia (LIDMI) dan juga Sekretaris Umum HMJ Biologi periode 2016 dengan materi persiapan menyambut bulan ramadan yang mengkaji pentingnya menyusun planning dalam beribadah, mengonsumsi makanan yang halal dan terus berdoa serta memohon ridho kepada Allah SWT selama bulan suci Ramadan.

"Membuat resolusi target dalam membaca Alqur'an selama sehari misalnya 2 kali sehari, kedua adalah membuat planning dengan targetnya apa yang akan dicapai pada ramadan ini misalnya khatam Al-Qur'an 2 kali selama bulan ramadan, ketiga adalah dengan memperkuat jiwanya dengan memakan makanan yang halalal thayyiban sehingga mampu bertahan selama berpuasa dan terakhir kita tidak bisa mewujudkan ini tanpa berdoa kepada Allah Swt," Jelasnya.

Kegiatan yang dilaksanakan secara virtual ini diikuti oleh keluarga besar Program Studi Biologi yang mencakup dosen, mahasiswa dan para tenaga kependidikan. *(NM/MA)

Kontributor: Nurul Melinda