Mahasiswa Biologi Tuntaskan Kegiatan PKL dengan Seminar Virtual

  • 26 Agustus 2020
  • 12:00 WITA
  • Admin_Bio
  • Berita

Rabu, 26 Agustus 2020, Jurusan Bologi Fakultas Sains dan Teknologi UIN Alauddin Makassar melaksanakan kegiatan Seminar Praktek Kerja Lapangan secara virtual melalui platform google meet.

Kegiatan ini diikuti oleh seluruh mahasiswa yang telah menyelesaikan praktik kerja lapangannya dalam kurun waktu Januari hingga Maret 2020 di 10 Instansi Makassar dan luar Makassar, bahkan ada beberapa mahasisswa yang melaksanakan PKL di pulau Jawa. Sejumlah 40 orang mahasiswa mengikuti seminar ini dengan antusias dan penuh semangat.

Seminar PKL ini diikuti pula oleh masing-masing pembimbing PKL dari tiap mahasiswa. Pada kegiatan ini, mahasiswa akan memaparkan hasil kegiatan di instansi tempat mereka melaksanakan PKL dan kemudian akan dilanjutkan sesi tanya jawab dari dosen pembimbing PKL. Seminar yang digagas untuk melihat progress mahasiswa yang telah melaksanakan PKL ini dilaksanakan secara serentak dan dipandu oleh dosen-dosen jurusan Biologi yang bertindak selaku moderator.

Menurut salah satu mahasiswa yang mengikuti kegiatan ini, A. Jaya Langkara, seminar ini menjadi kegiatan yang positif karena mahasiswa dapat menyampaikan kemajuan dan perkembangan yang telah didapatkan saat melaksanakan praktek kerja lapangan.

“Kegiatan ini sangat positif yah, karena kami dapat menyampaikan kegiatan yang kami laksanakan di intstansi tempat kami PKL sekaligus dapat menyampaikan perkembangan kami setelah keluar dari tempat PKL”. tuturnya.

Pelaksanaan praktek kerja lapangan ini memang diharapkan dapat menjadi kegiatan yang mampu mencetak mahasiswa biologi yang dapat beradaptasi dengan dunia kerja, memberikan pengalaman kepada mahasiswa tentang sistem kerja di instansi pemerintah atau swasta, serta dapat memberikan pengalaman kepada mahasiswa tentang penerapan teori yang telah dipelajari pada permasalahan nyata di dunia kerja.

Selain itu pula, diharapkan mahasiswa dapat menemukan ide dan gagasan yang baru untuk penelitian dan penyelesaian tugas akhir.

“Kami berharap ini tidak hanya memberi experience baru bagi mahasiswa kami, tapi juga bisa memantik mereka untuk menemukan gagasan-gagasan yang segar untuk penelitian dan tugas akhir mereka”, ungkap Hasyimuddin Sekertaris Jurusan Biologi. (NM/ZN)

Daftar Instansi PKL Biologi 2020

  1. Laboratorium Ekologi tumbuhan dan Tanah Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) Biologi
  2. Laboratorium Genetika Hewan Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) Biologi
  3. Laboratorium Mikrobiologi Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) Biologi
  4. Balai Besar Laboratorium Kesehatan (BBLK) Makassar
  5. Malino Florist
  6. Balai Besar Veteriner Kab. Maros
  7. Balai Penelitian Tanaman Serealia (Balitsereal) Kab. Maros
  8. Balai Besar Penelitian Bioteknologi dan Sumberdaya Genetik Pertanian  (BB BIOGEN)
  9. Esha Flora
  10. Badan Tenaga Nuklir Nasional (BATAN)