Dua Judul dari Jurusan Biologi Ramaikan Gerakan Penulisan dan Penerbitan 100 Judul Buku Referensi

  • 24 Agustus 2020
  • 12:00 WITA
  • Admin_Bio
  • Berita

Dua naskah buku dari dosen Jurusan Biologi Fakultas Sains dan Teknologi UIN Alauddin Makassar lolos dalam "Gerakan Penulisan dan Penerbitan 100 judul Buku Referensi"  untuk dosen dan tenaga kependidikan UIN Alauddin Makassar tahun 2020 dengan tema "Integrasi Keilmuan dan Keberagaman yang Moderat". Hal ini tertuang pada Surat Keputusan Rektor UIN Alauddin Makassar Nomor 520 Tahun 2020 tentang penetapan penulis kegiatan penerbitan 100 judul buku referensi bagi dosen dan tenaga kependidikan UIN Alauddin Makassar.

Buku pertama berjudul "Islam dan Biologi" yang disusun oleh tim dosen dari jurusan Biologi yaitu, Dirhamzah, Syarif Hidayat Amrullah, Zulkarnain, Aswar Rustam, Devi Armita, Selies Meriem, Kurnia Makmur, Hajrah, Isna Rasdianah Aziz dan Mardan.

Buku ini disusun untuk menguatkan konsep integrasi keilmuan, yaitu integrasi agama dan sains ataupun integrasi antara ilmu agama dan ilmu-ilmu non agama, dalam hal ini fokus kajian pada ilmu biologi dan integrasinya dengan ilmu agama. Menurut Dirhamzah, Al-Qur’an sebagai kitab suci juga memuat beberapa penjelasan ilmiah dalam tautan keagamaannya dan penjelasannya tidak pernah bertentangan dengan temuan-temuan ilmu modern, bahkan fakta-fakta tertentu yang baru ditemukan pada abad mutakhir justru telah diungapkan dalam Al-qur’an 14 abad silam.

“Buku ini diharapkan dapat menunjukkan bahwa Al-Qur’an merupakan salah satu bukti penting yang menegaskan keberadaan Allah sebagai Tuhan pencipta. Oleh sebab itu, buku ini coba kami hadirkan kepada pembaca dengan pendekatan integrasi keilmuan sebagai salah satu upaya terkecil untuk mengungkap isyarat-isyarat ilmiah tersebut khususnya pada bidang Ilmu Biologi”, jelasnya.

Buku Islam dan Biologi ini lebih jauh membahas keterkaitan islam dan cabang-cabang ilmu biologi yakni Botani, Zoologi, Ekologi, Mikrobiologi, dan Genetika.

Buku kedua yang ditulis oleh Mashuri Masri berjudul "Everything About Corona" yang membahas seputar virus corona dari sejarah, taksonomi, hingga keragaman genetik virus SARS-CoV-2, analisis filogenetik serta epidemologi penyakit dan sumber infeksi dan evolusi virus corona.

Buku yang terdiri dari 150 halaman ini juga membahas karakteristik klinis dan kerentanan infeksi virus corona pada manusia, diagnosis laboratorium, kontrol dan pengobatan infeksi, vaksinasi dan tindakan pencegahan. Selain itu, buku ini juga tidak lepas dari integrasi keilmuan dengan menjadikan beberapa hadits dan ayat dalam Al-qur’an sebagai sumber inspirasi sains dan penelitian dalam menangani Covid-19.

Menurut Mashuri Masri, buku ini diharapkan dapat menjadi salah satu jalan mewujudkan tri dharma perguruan tinggi dan para pembaca mendapatkan manfaatnya.

“Buku ini kami susun sebagai bagian dari pelaksanaan tri dharma perguruan tinggi, semoga bermanfaat bagi para pembaca”, pungkasnya.

Gerakan Penulisan dan Penerbitan 100 judul Buku Referensi ini memang merupakan program yang digagas untuk mengajak dosen dan tenaga kependidikan UIN Alauddin Makassar untuk tetap produktif di masa pandemi dengan melahirkan buku referensi yang diharapkan dapat menjadi rujukan bagi para pembaca terkait beragam disiplin ilmu yang mengedepankan integrasi keilmuan. *NM/ZN