Mahasiswa Biologi sasar Kawasan Pusat Restorasi dan Pembelajaran Mangrove Sinjai

  • 28-08-2018
  • 01:56 WITA
  • admin_bio
  • Berita

Kabupaten Sinjai merupakan salah satu daerah yang memiliki beberapa objek wisata yang sangat menjanjikan, salah satu objek wisata yaitu Kawasan Pusat Restorasi dan Pembelajaran Mangrove yang terletak di desa Tongke-tongke, Kec. Sinjai Timur Kab. Sinjai. Kawasan wisata ini akrab disapa dengan sebutan nama desanya yaitu Tongke-tongke.

            Kawasan wisata inilah yang menjadi tujuan Mahasiswa Semester 4 Jurusan Biologi Fakultas Sains dan Teknologi Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar untuk melakukan praktikum lapangan mata kuliah Praktikum Ekologi. Praktikum lapangan ini dilakukan pada tanggal 29 Juni - 1 Juli 2018 yang didampingi oleh asisten, pendamping, laboran serta dosen penanggung jawab mata kuliah.

            Kegiatan ini merupakan kegiatan rutin yang dilakukan oleh Mahasiswa Jurusan Biologi di semester 4 setelah melakukan praktikum selama beberapa pertemuan yang dilakukan di dalam kampus. Selain merupakan pengaplikasian ilmu, kegiatan ini juga mengajarkan untuk bersosialisasi dengan baik kepada masyarakat tempat yang dituju sehingga mampu membangun rasa sosial dalam diri mahasiswa. “Dalam melakukan kegiatan yang berkaitan dengan masyarakat, kita perlu memperhatikan etika dan sopan santun terhadap masyarakat setempat, apalagi kita tidak hanya membawa nama sendiri namun membawa nama baik Jurusan dan Universitas” tutur Wakil Dekan III saat acara pelepasan peserta praktikum lapangan ini.

            Dalam pelaksanaan praktikum lapangan ini ada beberapa kegiatan yang dilakukan yaitu menganalisi vegetasi bakau yang berada didaerah tersebut dengan menggunakan metode yang telah ditentukan selain itu pengamatan herpetofauna yang dilakukan di sekitaran tersebut serta mengamati serangga malam yang terdapat di daerah tersebut. (Z-AM)