Sambut Awal Perkuliahan, Jurusan Biologi Gelar Siraman Qolbu

  • 03 Maret 2023
  • 08:58 WITA
  • Admin_Bio
  • Berita

Jurusan Biologi Fakultas Sains dan Teknologi (FST) UIN Alauddin Makassar gelar Siraman Qolbu dalam rangka membuka perkuliahan semester genap di Masjid Agung Sultan Alauddin, Kamis (02/03/2023).

Kegiatan ini diikuti 163 peserta dengan mengusung tema “Adab Menuntut Ilmu dan Tazkiyahtunnafs bil Qur’an”. Adapun rangkaian kegiatan nya dimulai dari materi adab menuntut ilmu, tazkiyahtunnafs, dan ditutup praktik ruqyah. 

Koordinator Rehab Hati Sulawesi Selatan, Pattarani bin Tokong menjelaskan tentang ilmu adab dalam mendekatkan diri kepada Allah swt.

“Setinggi apapun gelar dan ilmunya jika ia tidak memiliki adab serta tidak dapat mendekatkan diri kepada Allah swt, maka yang didapatkan selama ini tidak bermanfaat bagi dirinya apalagi bagi orang lain,” ujarnya


Ketua Prodi Biologi FST, Dr Masriany, menjelaskan alasannya mengangkat tema tersebut agar mahasiswa dapat meningkatkan semangat kuliah di awal semester genap. 

“Diharapkan kepada mahasiswa agar dapat menyucikan jiwa dan meluruskan niatnya kembali untuk menuntut ilmu supaya termotivasi menjalani pembelajaran di semester genap ini,” jelasnya 

Tak lupa juga ia berharap dengan adanya kegiatan ini, mahasiswa dapat sadar bahwa tujuan awal mereka meninggalkan kampung adalah untuk kuliah dan belajar serta memiliki adab untuk menuntut ilmu. 

“Mahasiswa harus menyadari bahwa tujuan awal masuk ke kampus yaitu untuk kuliah sehingga menciptakan suasana kondusif  dalam belajar, selesai tepat waktu, serta mereka harus menjunjung adab dalam menuntut ilmu,” harapnya


*AZH