Jurusan Biologi Bersama BBPPKS Gelar Pelatihan Pemberdayaan Masyarakat bagi KPM PKH

  • 25 November 2022
  • 09:48 WITA
  • Admin_Bio
  • Berita

Jurusan Biologi Fakultas Sains dan Teknologi UIN Alauddin Makassar bersama dengan Balai Besar Pendidikan dan Pelatihan Kesejahteraan Sosial (BBPPKS) menyelenggarakan kegiatan pelatihan pemberdayaan masyarakat melalui kewirausahaan sosial pada hari Selasa, 22 November 2022. Pelatihan ini diperuntukkan bagi Keluarga Penerima Manfaat (KPM) Program Keluarga Harapan (PKH) di Kota Makassar, Kabupaten Gowa, Kabupaten Takalar dan Kabupaten Maros. 


Pelatihan ini merupakan komitmen dari BBPPKS untuk melaksanakan pemberdayaan ekonomi masyarakat bersama dengan perguruan tinggi yang diharapkan dapat menjadi upaya penanggulangan kemiskinan melalui pengembangan budaya usaha atau kewirausahaan sosial. Kegiatan ini berlangsung di lima lokasi berbeda yang masing-masing diikuti 30 peserta dari Pemerlu Pelayanan Kesejahteraan Sosial (PPKS) yang telah memiliki rintisan usaha.

Dalam kegiatan ini pihak Jurusan Biologi UIN Alauddin Makassar melalui tim pengabdian kepada masyarakat memberikan pelatihan budidaya jamur tiram (Pleurotus ostreatus) dan pengenalan budidaya pisang cavendish (Musa acuminata) dalam rangka pemenuhan kebutuhan pangan yang bergizi serta penguatan ketahanan pangan dan potensi pengembangan usaha.

Ketua Jurusan Biologi UIN Alauddin, Dr. Masriany, M.Si. mengungkapkan bahwa kerjasama ini diharapkan dapat memberikan manfaat bagi peserta pelatihan.

“Ini kerjasama pertama pihak jurusan dengan BBPPKS, semoga kegiatan ini dapat membekali masyarakat program penerima PKH agar dapat hidup mandiri dan lebih produktif. Diskusi dan pelatihan tentang budidaya jamur tiram dan pisang cavendish ini kami harapkan bisa masyarakat terapkan sebagai salah satu opsi pangan alternatif bahkan bisa dikembangkan untuk memberikan income tambahan bagi masyarakat ”, jelas Dr.Masriany.

Dr. Masriany menambahkan, “Momentum ini tepat untuk mengenalkan masyarakat potensi besar budidaya jamur tiram dan pisang cavendish yang relatif mudah serta memiliki nilai jual yang tinggi. Selain dikonsumsi, bisa juga jadi tambahan pemasukan,” tutupnya.

Kegiatan pelatihan ini juga digagas dengan konsep diskusi dan praktek langsung proses pembuatan media tanam jamur tiram hingga proses penanaman dan pengolahan hasil panen.

 

*NM