HMJ Biologi Gelar Pelatihan Penulisan Karya Tulis Ilmiah

  • 05 April 2021
  • 08:49 WITA
  • SH_Amrullah
  • Berita

Makassar - Minggu, 4 April 2021, Himpunan Mahasiswa Jurusan Biologi (HMJ Biologi) Fakultas Sains dan Teknologi UIN Alauddin Makassar menggelar kegiatan pelatihan penulisan karya tulisan ilmiah dengan tema “Strategi Menemukan Ide dan Sistematika Penulisan Bab 1”.

Pelatihan yang dilaksanakan secara virtual ini diharapkan dapat mendorong mahasiswa biologi untuk terus menciptakan karya-karya ilmiah yang berkualitas.  Menurut Ketua HMJ Biologi, Nur Adnan, pelatihan ini digelar agar mahasiswa biologi semakin mudah membangun dan menemukan gagasan-gagasan ilmiah yang dituliskan ke dalam karya tulis ilmiah.

“Pelatihan karya tulis ilmiah ini dilaksanakan oleh teman-teman himpunan karena kami berharap mahasiswa biologi semakin matang dalam menuliskan karya tulis ilmiah, khususnya berkaitan dengan strategi menemuka ide dan gagasan”,ungkapnya.

Kegiatan yang digagas oleh Divisi Ilmu dan Penalaran ini dibawakan oleh Isna Rasianah Aziz, S.Si., M.Sc yang merupakan dosen dari program studi biologi serta merupakan dosen yang mengelola Jurnal Biogenesis.

Dalam memaparkan materinya beliau mengulas bagaiamana tips & trik untuk menggali dan menemukan ide yang menarik serta mengemukakan pentingnya mahasiswa mengerti dengan baik cara menulis karya ilmiah.

“Pelatihan ini merupakan suatu bekal bagi mahasiswa biologi dalam menyusun tulisan ilmiah seperti penyelesaian tugas akhir yaitu skripsi, selain itu pelatihan ini juga akan memberikan gambaran bagi mahasiswa untuk menentukan dan mencari ide yang menarik untuk penelitian skripsi maupun karya ilmiah yang ingin dilombakan”, pungkasnya.

Selain itu pula, pemateri menjabarkan bagaimana sistematika penulisan Bab 1 yang tepat dalam penyusunan karya ilmiah sebagai kerangka awal sebuah karya tulis ilmiah. * (NM/NJ)

 

Kontributor: Nurjannah.