Prodi Biologi Gelar Kuliah Umum Menyambut Mahasiswa Baru 2020

  • 09 Oktober 2020
  • 12:00 WITA
  • SH_Amrullah
  • Berita

Sabtu, 3 Oktober 2020 Prodi Biologi menggelar kuliah umum Biologi yang merupakan bagian dari rangkaian penyambutan mahasiswa baru tahun akademik 2020-2021. Kegiatan ini dilaksanakan secara virtual dengan menghadirkan seluruh civitas academica Biologi Fakultas Sains dan Teknologi UIN Alauddin Makassar sebagai bagian dari penyambutan mahasiswa baru. Kegiatan ini dikemas dalam bentuk pemaparan materi dan diskusi interaktif terkait Peluang dan Tantangan Biolog yang Berkarakter sebagai Generasi Saintis Milenial Masa Depan.

Tema ini diangkat sebagai upaya untuk memberikan gambaran terkait proses kegiatan perkuliahan serta peluang dan tantangan yang akan dihadapi ketika berkuliah dan menjadi alumni Biologi. Turut hadir sebagai narasumber pada kegiatan ini Dr. Fatmawati Nur, S.Si., M.Si. yang merupakan salah seorang  Pioneer dari Prodi Biologi yang kini menjabat selaku Wakil Dekan Bid. Administrasi, Umum, Perencanaan dan Keuangan Fakultas Sains dan Teknologi UIN Alauddin Makassar. Dalam pemaparannya beliau menggambarkan segara gamblang apa-apa saja yang akan dilalui oleh para mahasiswa ketika berada di Biologi. “Kuliah di Biologi sangat menyenangkan, kalian mendapatkan keluarga yang sangat baik dan ramah, dan pastinya praktikum di laboratorium serta praktikum di lapangan menjadi pelengkap kenyamanan berada di Biologi, sekalipun untuk semester kali ini kita akan jalani secara virtual, tapi tidak akan mengurangi esensi dari kenyamanan berada di biologi”  tuturnya dengan senyum khasnya

Selain itu juga salah seorang Alumni yang juga kini telah sukses berkiprah di dunia enterpreneurship selaku owner dari Marasa Hidroponik dan juga pegiat lingkungan dan pendidikan, Muchlis Rahman, S.Si., M.Si. turut ambil bagian selaku pembicara pada kegiatan ini. Selaku alumni yang tidak bisa terpisahkan dari Biologi tuturnya beliau banyak memberikan arahan serta hal-hal yang akan menjadi peluang setelah menjadi biolog dan juga tak lepas dari tantangan masa kini yang harus dihadapi  oleh seorang biolog untuk tetap tangguh dan survive di dunia kerja. “Untuk menjadi tangguh dan mendapat tempat, kita perlu untuk selalu menamkan pikiran positif dengan mulai berpikir positif pada diri sendiri, orang lain, waktu, serta jadilah tuan dari hati dan pikiran kita sendiri”

Dipandu oleh Syarif Hidayat Amrullah, M.Sc. selaku moderator yang juga merupakan dosen bidang Zoologi, kegiatan ini sangat interaktif terlebih dengan rasa penasaran dan keinginan tahuan yang lebih jauh dari mahasiswa baru pada Prodi Biologi. M. Syawal, salah seorang mahasiswa baru asal Makassar menuturkan bahwa kegiatan yang diinisisasi oleh prodi ini sangat bermanfaat buatnya terlebih dari kegiatan ini memiliki gambaran terkait nuansa akademik dan non akademik yang akan dilalui serta peluang setelah menjadi alumni Biologi kedepannya (ZN-NM)