Work From Home, HMJ Biologi helat Upgrading Pengurus Secara Daring

  • 18 April 2020
  • 12:00 WITA
  • SH_Amrullah
  • Berita

Pandemi Covid-19 atau lebih dikenal dengan Virus Corona yang melanda hampir di seluruh penjuru dunia, termasuk di Indonesia, telah berlangsung sejak akhir tahun bermula dari Wuhan, Tiongkok. Setelah dinyatakan resmi menjangkit dua warga negara Indonesia bulan Februari lalu, beberapa kampus memutuskan untuk melayangkan Surat Edaran berupa himbauan untuk melaksanakan proses perkuliahan, pembimbingan, seminar proposal, bahkan aktivitas kemahasiswaan di rumah mulai pertengahan Maret lalu. Hal ini untuk mendukung upaya pemerintah dalam memutus mata rantai penyebaran Virus Corona tersebut.

Himpunan Mahasiswa Jurusan Biologi (HMJ Biologi) menjadi salah satu lembaga kemahasiswaan tingkat jurusan yang terkena imbas edaran “Tidak Ada Aktivitas di Kampus, melainkan #DiRumahAja”. Namun itu tidak menyurutkan semangat kerja dari pengurus himpunan periode 2020 yang tetap menjalankan beberapa progam kerjanya. Program kerja yang terlaksana baru-baru ini adalah Upgrading Pengurus HMJ Biologi, yakni pada Sabtu dan Ahad, 18 s.d. 19 April 2020 akhir minggu lalu. Kegiatan yang mengusung tema “Meningkatkan Kualitas Berlembaga dalam Semangat Kekeluargaan” ini berlangsung secara daring via grup di aplikasi Telegram dengan diikuti peserta dari kalangan pengurus dan beberapa mahasiswa baru Angkatan 2019.

Upgrading ini dilakukan setahun sekali setelah pergantian pengurus baru, dengan penyampaian beberapa materi inti dan materi per-divisi. Kegiatan ini bertujuan untuk meng-upgrade atau meningkatkan softskill dari semua pengurus mengenai apa-apa saja yang perlu ditingkatkan sebagai follow up dari kekurangan kepengurusan sebelumnya. Jika tidak segera dilaksanakan karena menunggu kampus nanti, maka program kerja yang lain akan ikut terhambat”, terang Ketua Umum HMJ Biologi, Andi Achmad Fahmi, ketika ditanya tentang alasan tetap melaksanakan kegiatan tersebut.

Beberapa materi dalam upgrading ini antara lain materi Jalur Koordinasi oleh Syarif Hidayat Amrullah, S.Pd, M.Sc., materi Kesekretariatan oleh Abd. Wahid, S.Si., materi Perbendaharaan oleh Hardiyanti YM, S.Si., materi Divisi IP oleh Rahmat Yusni, S.Si., materi Divisi Amor oleh Sukriadi, S.Si., materi Divisi Mikat oleh Romi, materi Divisi Jarkom oleh Fitri Aulia Rifdiyanti, S.Si., dan materi Divisi POK oleh Gamal Bayu Hehanussa. Penyampaian materi untuk kegiatan upgrading ini harus diikuti oleh semua pengurus dan panitia, sedangkan untuk materi tiap divisi hanya bisa diikuti oleh pengurus dalam divisi itu sendiri. “Meski sedikit terkendala oleh jaringan, tapi upgrading yang pertama kalinya berlangsung secara daring ini tetap terselesaikan dengan baik. Kami dari pengurus hanya bisa berharap, semoga Pandemi Covid-19 segera berlalu, dan semua program kerja periode ini dapat terlaksana dengan baik”, tutup Andi Jaya Langkara. (SHA/AJL).