Bioleaf Tahun ke-7, Terbesar di Oktober 2019, Terbesar di Biologi UINAM

  • 31-10-2019
  • 08:38 WITA
  • admin_bio
  • Berita

Meski dihelat dua minggu lalu antara 15 s.d. 18 Oktober 2019, namun semarak dan euphoria dari event terbesar yang diselenggarakan oleh Himpunan Mahasiswa Jurusan (HMJ) Biologi masih terasa di kalangan Civitas Akademika Jurusan Biologi FST UINAM. Hal ini dikarenakan baru tahun ini event yang bertajuk “Inovasi Generasi Milenial Dalam Menghadapi Problematika Lingkungan” tersebut diadakan dalam skala Nasional berpesertakan mahasiswa-mahasiswa dari 15 perguruan tinggi di Indonesia, antara lain: UIN ALauddin Makassar, Politeknik Negeri Ujung Pandang, Universitas Hasanuddin, Universitas Ahmad Dahlan, IAIN Surakarta, Universitas Brawijaya, Universitas Negeri Gorontalo, Universitas Borneo Tarakan, Universitas Negeri Yogyakarta, UPN Veteran Jawa Timur, dan Universitas Negeri Makassar. Tak diragukan lagi, event ini menjadi event terbesar di Biologi UINAM pada Bulan Oktober tahun 2019.

Bioleaf tahun ke-7 ini dibuka pada Selasa, 15 Oktober 2019 lalu dibuka oleh Wakil Dekan III Bidang Kemahasiswaan Fakultas Sains dan Teknologi, Dr. Anshar Abubakar, M.Si. “Kegiatan ini hadir di saat yang tepat, membahas tentang aspek lingkungan. Seperti yang kita tahu, ada 3 aspek yang paling menentukan dalam Pembangunan Berkelanjutan (Sustainable Development), yaitu Ekologi, Ekonomi, dan Sosial Budaya”, tuturnya saat memberi sambutan dan membuka acara.  Acara ini kemudian dirangkaikan dengan Seminar Nasional dengan 4 pemateri yang handal dibidangnya masing-masing, di antaranya yaitu Dr. Hj. Asniar Khumas, S.Psi., M.Si selaku Direktur Rumah Belajar Cinta Damai (RBCD), Syarifuddin Daeng Punna selaku Ketua YaYasan Pemerhati Kanal Indonesia (YAPKINDO) SulSel, Riski Anggriani Arimbi selaku Koordinator KPA Wilayah SulSel, dan yang terakhir HMJ Biologi juga mendatangkan Sastrawan Indonesia Soesilo Ananta Toer. Seminar yang berlangsung hingga sore hari sebelum technical meeting ini dimoderatori oleh salah satu Dosen Jurusan Biologi, Syarif Hidayat Amrullah, M.Sc.

Keesokan harinya, venue kegiatan berpindah ke Gedung Fakultas Sains dan Teknologi dan Pelataran Parkir. Beberapa item kegiatan yang diperlombakan antara lain: LKTI, Lomba Essay, Lomba Debat, dan Lomba Video Dokumenter. Perlombaan ini berhasil membuat atmosfer sekitar FST menjadi meriah selama 2 hari penuh dari pagi hingga sore.

Final untuk item lomba yang terakhir (Lomba Video Dokumenter) diperlombakan dalam acara penutupan, Jumat malam 18 Oktober 2019 di Training Center UIN Alauddin Makassar. Acara ini dikemas dalam bentuk Gala Dinner yang dihadiri oleh Civitas Akademika Jurusan Biologi dan beberapa juri lomba. Puncak event tahunan ini juga dimeriahkan oleh beberapa persembahan seni, yaitu: tari padduppa, tari empat etnis, pertunjukan sulap, serta beberapa persembahan lagu dari mahasiswa, dosen, dan peserta lomba.

Ketua Jurusan Biologi, Dr. Masriany, M.Si., dalam kesempatannya menutup acara menuturkan, “Bioleaf tahun ini merupakan kali pertama diadakan dalam skala nasional dengan mempertandingkan tingkat mahasiswa. Tahun sebelumnya masih tingkat provinsi dan mempertandingkan siswa dari beberapa sekolah/madrasah”. Meski dalam pelaksanaanya terdapat beberapa kendala, baik teknis maupun non-teknis, pihak Jurusan tetap mengapresiasi kerja keras panitia dan jajaran pengurus HMJ. “Semoga apa yang terjadi selama kegiatan, baik itu dalam proses persiapan maupun saat berlangsungnya kegiatan memberikan kita pelajaran untuk mengembangkan lebih baik lagi BIOLEAF di masa-masa mendatang. Sampai jumpa kembali di Bioleaf tahun ke-8 tahun depan yang InsyaaAllah lebih meriah lagi”, pungkasnya. (AM/SHA)