Bingkisan Beku BIOMASSA di Desa Erelembang, Tombolo Pao

  • 05-08-2019
  • 12:52 WITA
  • admin_bio
  • Berita

BIOMASSA (Biologi Masuk Desa) merupakan salah satu wujud bukti nyata Himpunan Mahasiswa Jurusan Biologi FST UIN Alauddin Makassar dalam pengabdian kepada masyarakat yang kali ini mengangkat tema "Aktualisasi dalam Bakti Masyarakat". BIOMASSA kali ini berlokasi di daerah dengan suhu yang dingin dan termasuk tempat yang sulit dijangkau karena keterbatasan jaringan dan jaraknya yang jauh dari perkotaan, yaitu Desa Erelembang Kec. Tombolo Pao Kab. Gowa yang dilaksanakan selama tiga hari pada tanggal 28-30 Juli 2019, "Kegiatan seperti inilah yang ditunggu oleh masyarakat, selain karena kegiatan ini yang bersifat positif, dapat pula kita melihat antusias dan manfaat yang akan diterima oleh masyarakat setempat melalui kegiatan pengabdian seperti ini", tutur Anugrah Rahmat yang merupakah salah satu mahasiswa Jurusan Biologi yang juga berasal dari Tombolo Pao.

Pelaksanaan BIOMASSA ini terdiri atas beberapa kegiatan, di antaranya yaitu pemeriksaan kesehatan yang ditujukan kepada masyarakat sekitar. Pemeriksaan kesehatan ini dilakukan di Kantor Kepala Desa Erelembang. Kemudian Sosialisasi Budidaya Jamur Tiram, kegiatan ini termasuk kegiatan baru yang dilaksanakan di BIOMASSA dan masyarakat setempat menyambut baik kegiatan ini. Sosialisasi jamur tiram ini dilaksanakan di rumah salah seorang warga yang bernama bapak Amiruddin yang merupakan tuan rumah dan juga  sekaligus Kepala Sekolah dari MA Bukit Hidayah yang bertempat di rumah beliau sendiri. Tak lupa pula kegiatan sosialisasi ke sekolah tingkat SD, MTs dan MA, sosialisasi ini dilakukan di dua dusun yaitu dusun Erelembang yang merupakan pusat dari kegiatan BIOMASSA dan dusun Matteko yang memiliki jarak yang sangat jauh dari pusat kegiatan. Pada sosialisasi ini, selain memberikan penyampain mengenai akhlak dan moral yang baik, teman-teman mahasiswa juga memberikan motivasi untuk tetap semangat dalam bersekolah, dengan melihat rintangan-rintangan yang dialami oleh siswa setempat, salah satunya yaitu jarak sekolah dan rumah yang sangat jauh dan jalanan berbatu yang sukar dilalui oleh kendaraan.

"Tidak henti-hentinya kami memberikan semangat untuk terus belajar kepada siswa-siswa di sini dan untuk siswa MA di depan saya, teman-teman mahasiswa yang datang di sini juga berasal dari desa seperti kita, kita semua sama maka dari itu semoga melalui kegiatan ini semangat kalian untuk tetap belajar semakin besar dan juga semakin termotivasi untuk ke depannya" ucap Amiruddin saat penutupan kegiatan. (AM-Z)