Mengenal Dermatoglifi, Siswa SMAN 1 Luwu Antusias Mengikuti PkM Prodi Biologi

  • 08 Maret 2022
  • 08:43 WITA
  • Admin_Bio
  • Berita

Pengabdian kapada masyarakat  (PkM) merupakan kegiatan yang rutin dilakukan oleh prodi Biologi UINAM dalam rangka diseminasi penelitian dan penerapan spesifikasi ilmu Biologi yang outcomenya adalah menyelesaikan permasalahan masyarakat dan turut mengangkat kesejahteraan bangsa. Tema kali ini yang diangkat oleh prodi biologi adalah pengenalan dermatoglifi sidik jari yang dilaksanakan oleh tim Lab. Genetika dan Molekuler, bersama mahasiswa. SMAN 1 Luwu merupakan salah satu sekolah terbaik di Kab. Luwu, terdiri dari siswa-siswi beragam suku di Sulawesi Selatan, sehingga eligible menjadi lokus pkm dengan tema ini. 

Isna Rasdianah Aziz, S.Si., M.Sc dalam paparannya menyebutkan bahwa pkm ini juga merupakan lanjutan dari riset lab. yang telah dilakukan sejak 2019, harapannya adalah integrasi riset dan pengabdian ini sebagai wujud sinergi yang berkelanjutan antara prodi dan sekolah. Wakil kepala sekolah bidang sarana dan prasarana Drs. Bahar Nada, mewakili kepala UPT SMAN 1 Luwu, Drs. Nurdin Muin, M.Pd turut menegaskan bahwa tema pkm yang dibawakan prodi sangat relevan dan menambah khazanah keilmuan siswa-siswa SMAN 1 Luwu. "Selain sidik jari, ketika kita bercermin pun, proyeksi muka kita akan berbeda" kelakarnya yang disambut gelak tawa para peserta. 

Dalam presentasinya, Hajrah, S.Si., M.Sc memaparkan bahwa pola sidik jari dapat digunakan dalam berbagai aplikasi dan kasus, seperti identifikasi perangkat, otorisasi, pemecahan kasus hukum, sampai pendeteksian dini penyakit genetik. Integrasi agama tak luput disisipkan sebagai penguatan keilmuan. Pengambilan sampel dermatoglifi dilanjutkan oleh staf, laboran dan mahasiswa prodi Biologi. Kegiatan berlangsung kondusif diakhiri dengan foto bersama dan pemberian kenang-kenangan dari kedua belah pihak.


*(IRA)