Peringati Hari Konservasi Sedunia, HMJ Biologi Gelar Aksi Menanam Pohon

  • 30 Agustus 2021
  • 02:59 WITA
  • SH_Amrullah
  • Berita

Himpunan Mahasiswa Jurusan Biologi (HMJ) Melakukan aksi menanam pohon yang diselengarakan untuk memperingati Hari Konservasi di Desa Bissoloro Kecamatan Bungaya, Kabupaten Gowa, Sabtu-Ahad (28-29/08/2021).

Menurut Mutiara selaku penanggung jawab menuturkan bahwa kegiatan ini merupakan program kerja himpunan yang dilakukan untuk memperingati Hari konservasi Sedunia dengan menggelar aksi menanam pohon. Penanaman pohon ini bertujuan untuk melestarikan alam, meminimalisir terjadinya bencana alam serta menambah pesona ekowisata camp Moncong Sipolong.

“Dalam rangka memperingati hari konservasi sedunia kami dari Himpunan Mahasiswa  Jurusan Biologi menggelar aksi penanaman pohon di sekitar lereng wisata camp Moncong Sipolong Desa Bissoloro, Kec Bungaya. Aksi ini diharapkan menjadi salah satu langkah nyata dalam melestarikan alam, meminimalisir terjadinya bencana alam seperti longsor dan banjir serta menambah pesona ekowisata camp Moncong Sipolong dalam beberapa tahun kedepan,” tuturnya.

Selain itu Mutiara mengungkapkan bahwa menanaman pohon juga sangat penting karena dapat menjadi sumber oksigen serta mampu menyerap karbon di udara.

“ Vegetasi pohon di hutan dapat menjadi sumber oksigen serta pohon yang telah berumur 40 tahun dalam menyerap karbon sebanyak 1 ton sehingga mengurangi dampak pencemaran udara dan pemanasan global,” sambungnya.

Selain aksi menanam pohon kegiatan ini juga dirangkaikan dengan English Camp Biologi (E-coli) yang diikuti oleh mahasiswa biologi angkatan 2020 dengan melakukan penerapan English Area, serta pengalaman Praktikum Lapangan.

“Kegiatan aksi ilmiah ini juga di rangkaikan dengan E-Coli dengan menerapkan English Area dan memberikan pengalaman praktikum lapangan untuk adik-adik peserta 2020 yang notabene belum pernah melakukan praktikum lapangan,” ungkap Nurul Melinda selaku Penanggung jawab (E-coli).

Perlu diketahui kegiatan ini dihadiri oleh beberapa dosen-dosen jurusan biologi, pengurus HMJ, serta peserta yang berpartisipasi berjumlah 18 orang dan tetap menarapkan protokol kesehatan.

Penulis : Nurul Melinda