Lepas Sambut Kepala Laboratorium Program Studi Biologi

  • 04 April 2021
  • 08:49 WITA
  • SH_Amrullah
  • Berita

Gowa, 03 April 2021, Dalam rangkaian kegiatan BioChamp, Program Studi Biologi UIN Alauddin Makassar juga melaksanakan lepas sambut kepala laboratorium dengan memberikan cendera mata kepada kepala laboratorium periode 2016 hingga 2021 yaitu Eka Sukmawaty, M.Si., sekaligus menyambut kepala laboratorium yang baru yaitu Zulkarnain, S.Si., M.Kes.

Eka Sukmawaty selaku kepala laboraorium sejak tahun 2016 telah membawa banyak perubahan bagi ke-lima laboratorium yang ada di program studi biologi yaitu laboratorium genetika dan molekuler, laboratorium zoologi, laboratorium mikrobiologi, laboratorium botani dan laboratorium ekologi.

Dibawah kepemimpinan beliau, laboratorium berkembang dengan sangat pesat untuk menunjang proses berlangsungnya praktikum serta penelitian mahasiswa biologi bahkan telah melayani penelitian-penelitian dari luar prodi biologi. Hal ini tentu saja karena fasilitas dari tiap laboratorium yang sangat memadai juga selalu berkembang menyesuaikan kemajuan zaman dan perkembangan beragam riset serta penelitian.

Oleh sebab itulah, keberadaan dan perkembangan laboratorium ini turut pula menjadi salah satu faktor yang menunjang kemajuan prodi biologi khususnya dalam rangka menyelenggarakan atmosfer akademik dalam pembelajaran ilmu biologi serta mewujudkan program studi yang bertata kelola baik dan berdaya saing.

Beliau berharap dibawah kepemimpinan yang baru, laboratorium biologi dapat terus berkembang dan mendorong kemajuan program studi biologi.

“Sebelumnya saya ucapkan banyak terimakasih atas kepercayaan yang diberikan kepada saya selama kurag lebih 4 tahun sebagai kepala laboratorium periode 2016-2020, terutama untuk teman-teman laboran yang sebagai ujung tombak terselenggaranya semua kegiatan laboratorium. Ke-depannya, di bawah manejemen pak zulkarnain saya optimis laboratorium biologi akan semakin maju dan berkembang lebih baik lagi.”, ungkapnya.

Senada dengan hal itu, Zulkarnain turut pula mengungkapkan optimismenya terkait pengembangan kelima laboratorium, Menurutnya, laboratorium biologi akan terus berkembang dengan bantuan dari segala pihak untuk menciptakan laboratorium yang tidak hanya lengkap dari segi fasilitas dan alat-alat di laboratorium tetapi juga memiliki manajemen laboratorium yang baik untuk menunjang praktikum dan penelitian. Selain itu pula, beliau mengungkapkan bahwa salah satu yang menjadi perhatian khusus adalah untuk fokus pada persiapan menuju akreditasi laboratorium.

“Bismillah, InsyaAllah kami akan melanjutkan apa yg telah dimulai oleh kepala laboratorium sebelumnya dan juga dengan tantangan yang baru untuk untuk mewujudkan kualitas laboratorium dengan persiapan menuju Akreditasi Laboratorium”, ungkapnya.

Pergantian kepala laboratorium ini berdasarkan Surat Keputusan Dekan Fakultas Sains dan Teknologi UIN Alauddin Makassar nomor 917 tahun 2021 yang menetapkan Zulkarnain, S.Si., M.Kes sebagai Kepala Laboratorium Program Studi Biologi yang baru.

Adapun tugas kepala laboratorium sebagaimana yang tertuang dalam SK Dekan tersebut adalah bertanggungjawab sepenuhnya terhadap segala sesuatu yang berkaitan dengan kegiatan laboratorium. *NM