Deretan Juara Biology Championship 2021

  • 02 April 2021
  • 08:48 WITA
  • SH_Amrullah
  • Berita

Acara penutupan (closing ceremony) kegiatan Biology Championship (BioChamp) 2021 dilaksanakan secara hybrid (daring dan luring) pada hari Sabtu, 03 April 2021.

Kegiatan ini merupakan puncak dari kegiatan BioChamp yang telah dilaksanakan sejak 15 Maret 2021. BioChamp ini merupakan kompetisi internal yang digagas untuk menyaring mahasiswa biologi yang punya potensi untuk selanjutnya dapat dibina untuk mengikuti berbagai kompetisi baik lokal maupun nasional.

Dalam sambutannya, Selies Meriem, M.Si selaku ketua panitia mengungkapkan harapannya agar kegiatan ini dapat melecut semangat mahasiswa untuk ikut berbagai kompetisi lainnya. Beliau turut pula menyampaikan bahwa para pemenang akan selanjutnya dibina oleh pihak Jurusan Biologi UIN Alauddin Makassar.

“BioChamp yang pertama ini telah antusias sekali diikuti oleh mahasiswa biologi, tentu saja kami berharap yang lain juga lebih semangat lagi mengikuti event-event lain diluar, baik skala lokal maupun nasional. Pemenang juga akan kami bina lebih lanjut serta sebagai bentuk apresiasi kami turut memberikan uang pembinaan, piala dan piagam penghargaan”, tuturnya.

Senada dengan penyampaian Selies Meriem, Ketua Jurusan Biologi juga mengungkapkan kebanggaannya kepada para peserta yang bersaing dalam lima rangkaian lomba yang ada pada BioChamp ini.

“Kami benar-benar kaget yah, ternyata anak-anak punya potensi besar. Semua yang ikut berkompetisi menunjukkan semangat berlomba yang baik. Kami sangat bangga. Mahasiswa yang lain harus mengikuti jejak para teman-temannya, lebih giat berkompetisi lagi”, ungkap Dr. Masriany, M.Si.

BioChamp ini terdiri beberapa item lomba, yaitu olimpiade biologi, debat ilmiah, lomba karya tulis ilmiah, lomba pembuatan video dokumenter dan lomba penulisan essai yang diikuti oleh 29 peserta baik tim maupun perorangan.

Berikut daftar nama-nama pemenang Biology Championship 2021:

1. Olimpiade Biologi

Juara 1: Nurjannah

Juara 2: Farlinda Wamaulana

Juara 3: Arma

 

2. Lomba Penulisan Essai

Juara 1: Eliazar Burhan dan Nur Inaya R

Juara 2: Nurul Melinda

Juara 3: Rina Ristiana

 

3. Lomba Video Dokumenter

Juara 1: Muh. Isbatullah, Masita dan Eliazar Burhan

Juara 2: Ainun Imran, Nur Sifatullah, Misbahul Bahri dan Muh. Sabri

 

4. Lomba Penulisan Karya Tulis Ilmiah

Juara 1: Ade Irma Alfianti, Rahma dan Hastri

Juara 2:Nurdilfa, Nurul Fitri Aulia, Nurannisa, Siti Dwi Maharani dan Tirta Mayangsari

Juara 3: Andi Fathir Hidayat Said, Rini Anggraeni, dan Masita Najamuddin

 

5. Lomba Debat Ilmiah

Juara 1: Andri Mulyani, Nasrahwati, Rina Ristiana

Juara 2: Andi Fathir Hidayat Said, Nurhaida dan Nurul Azizah

Juara 3: Ayu Febriani, Mutiara dan Nurul Melinda

Best Speaker: Nurhaida

(NM)