Civitas Academica Biologi Sambut Mahasiswa Baru 2020 Melalui PBAK Secara Virtual

  • 05 Oktober 2020
  • 12:00 WITA
  • SH_Amrullah
  • Berita

Rabu, 30 September 2020 Pengenalan Budaya Akademik dan Kemahasiswaan (PBAK) dilaksanakan di tingkat Prodi. Kegiatan ini juga dilaksanakan oleh pihak Prodi Biologi Fakultas Sains dan Teknologi UIN Alauddin Makassar yang diikuti seluruh mahasiswa dan mahasiswi biologi angkatan 2020. Kegiatan PBAK ini berbeda dengan konsep PBAK tahun-tahun sebelumnya karena kondisi pandemi  yang mengharuskan kegiatan dilaksanakan secara virtual.

Kegiatan ini diawali dengan acara pembukaan yang dihadiri oleh seluruh civitas academica Prodi Biologi yakni dosen dan tenaga kependidikan serta pengurus Himpunan Mahasiswa Jurusan (HMJ) Biologi.

Pada sesi awal jalannya PBAK, pihak Prodi Biologi menyampaikan budaya akademik yang ada di Prodi yakni seputar visi dan misi, pengenalan dosen dan laboran, publikasi dosen, kegiatan-kegiatan praktikum dan perkuliahan,  prestasi mahasiswa, serta berbagai fasilitas pengajaran yang sangat memadai. Sesi pengenalan lingkungan Prodi biologi ini dibawakan langsung oleh Ketua Prodi Biologi, Dr. Masriany, M.Si. Dalam pemaparannya, Ibu Dr. Masriany menyampaikan perasaan bahagia dan menyambut hangat kehadiran keluarga baru di Prodi biologi.

Kami tentu sangat berbahagia dengan kehadiran kalian, juga kalian beruntung berada di Prodi yang selalu mengedepankan asas kekeluargaan. Tentu kami berharap ananda sekalian dapat menjadi Biolog yang beriman, bertakwa, cerdas, mandiri dan berprestasi”.  Jelasnya

Saat mengenalkan budaya akademik Prodi ini, Dr Masriany juga menyinggung pentingnya menjadi biolog yang punya kedalaman ilmu biologi yang harus dijiwai dari Al-Qur’an dan Hadits.

Sesi kedua dilanjutkan dengan pengenalan budaya kemahasiswaan yang diambil alih oleh jajaran pengurus HMJ Biologi. Sesi ini dibawakan oleh ketua HMJ Biologi, Andi Achmad Fahmi yang mengulas bagaiamana lingkungan mahasiswa dan organisasi di tingkat Prodi. Ketua HMJ yang akrab disapa Anfam itu mengenalkan jajaran pengurusnya juga menyampaikan beragam kegiatan yang telah dilaksanakan oleh HMJ Biologi serta memberikan nasihat kepada mahasiswa baru untuk turut terlibat aktif dalam kegiatan kemahasiswaan.

“Selamat datang adik-adik mahasiswa baru. Dengan gelar baru yang adik-adik sandang, kini kalian harus aktif di kelas juga dalam organisasi kampus. Sebab tidaklah cukup jadi mahasiswa kalau tidak berimbang antara akademik dan keaktifan di organisasi. Kami dari seluruh jajaran pengurus HMJ Biologi menunggu dan menyambut kalian”, tutur mahasiswa semester 7 itu.

Kegiatan PBAK virtual ini disambut baik dan antusias oleh mahasiswa baru Prodi Biologi. Salah satunya disampaikan oleh Rini anggreni, menurutnya PBAK Prodi biologi tetap menarik meskipun dilaksanakan secara daring.

“Menurut saya PBAK Prodi bagus. Mengapa demikian, karena didalam PBAK tersebut dijelaskan gambaran umum dari Prodi Biologi, mulai dari dosen, fasilitas, materi yang akan di pelajari selama di Prodi Biologi, hingga prospek kerja. Walaupun dilakukan secara virtual akan tetapi meninggalkan kesan tersendiri bagi maba biologi 2020”, ungkapnya.

Kegiatan ini ditutup dengan suasana yang menyenangkan dengan foto bersama secara virtual dan mahasiswa diarahkan kembali ke PBAK tingkat fakultas. (NM—ZN)