Diskusi Virtual Ketiga, dari Keilmuan Zoologi, Ingatkan Bahaya Invertebrata Parasit

  • 27 Juni 2020
  • 12:00 WITA
  • SH_Amrullah
  • Berita

Program Studi Biologi Fakultas Sains dan Teknologi UIN Alauddin Makassar kembali melaksanakan kegiatan diskusi virtual (Ahad, 21 Juni 2020). Dalam masa pandemi Covid-19 ini segala hal menjadi serba terbatas, termasuk dalam hal diskusi ilmiah yang kerap kali diselenggarakan secara langsung. Untuk menyiasati hal itu, Prodi Biologi kembali melaksanakan diskusi ilmiah secara virtual. Kali ini, Prodi Biologi melaksanakan diskusi virtual cabang ilmu Zoologi denga tema “Invertebrata Parasit di Sekitar Kita: Bagaimana Pencegahan dan Penanganannanya?” yang diinisiasi oleh mahasiswa magang laboratorium Zoologi dan tim, setelah sebelumnya menggelar kegiatan yang sama untuk cabang ilmu Mikrobiologi dan Genetika & Biologi Molekuler.

Diskusi virtual yang dihadiri ratusan peserta dari berbagai universitas ini menghadirkan dua pemateri andal, yaitu Ka’bah., S.Si., M.Kes seorang ahli parasitologi dari Universitas Megarezky Makassar dan juga Nurqamariah, S.Si., M.Si yang merupakan Entomolog Kesehatan dari STIKES Mandala Waluya Kendari.

Kegiatan ini berlangsung dengan nuansa akademik yang hangat dan dibuka oleh Ketua Prodi Biologi UIN Alauddin Makassar, Dr. Masriany, M.Si dan dipandu oleh moderator Zulkarnain, S.Si., M.Kes yang juga merupakan dosen Zoologi dari Prodi Biologi UIN Alauddin Makassar. Dalam sambutannnya Ketua Prodi Biologi mengapresiasi kegiatan positif ini

Untuk sesi kali ini diskusi virtualnya serasa temu alumni, ada banyak alumni yang hadir yang juga termasuk yang banyak meramaikan dari teman seangkatan dari kedua narasumber kita hari ini, imbuhnya.

Sesi pertama diskusi berjalan diawali oleh materi yang disampaikan oleh Ka’bah., S.Si., M.Kes. Beliau mengulas soal bahaya parasit yang mengintai manusia sebagai host-nya, termasuk kelompok endoparasit dari cacing (Helminth). 

Penting untuk kita mengetahui jenis-jenis parasit disekitar kita sehingga kita tahu cara mencegah dan menanganinya”, ungkap Ka’bah memberikan solusi.

Diskusi yang dikemas dengan sistem panel antar kedua pemateri dilanjutkan oleh Entomolog Nurqamariah, S.Si., M.Si yang turut membahas soal invertebrata yang menjadi parasit bagi manusia, khususnya parasit dari golongan serangga yang hidup pada permukaan tubuh organisme dan membagikan tips pencegahan infeksinya. 

Parasit yang termasuk jenis ektoparasit banyak terdapat pada perabot rumah, sehingga kunci pencegahannya adalah menjaga kesehatan dan kebersihan lingkungan sekitar”, terang Nurqamariah saat menyampaikan materi.

Diskusi virtual ini ditutup oleh Wakil Dekan II Fakultas Sains dan Teknologi UIN Alauddin Makassar, Dr. Fatmawati Nur., S.Si., M.Si. Dalam kesempatannya, beliau menyampaikan apresiasi terhadap pelaksanaan diskusi virtual ini, yang dihadiri bukan hanya berasal dari mahasiswa Biologi UIN Alauddin Makassar saja, tetapi juga dari beberapa kampus lain di pulau Sulawesi, Kalimantan, Jawa, dan juga Sumatra. Selain merasa bangga dengan pelaksanaan kegiatan ilmiah dari Prodi Biologi yang disambut antusiasme tinggi peserta, beliau juga mengapresiasi kedua pemateri yang merupakan alumni Prodi Biologi angkatan ketiga, tepatnya tahun 2007.

Saya sangat terharu dengan munculnya dua anak didik kami yang telah menjadi seseorang di afiliasinya masing-masing. Semoga adik-adiknya terinspirasi untuk ikut meraih sukses dari kedua pemateri ini”, tutupnya. 

(NM-Zul)