Ngobrol Seputar Riset Biologi Ala Magang Laboratorium Mikrobiologi

  • 26 Juni 2020
  • 12:00 WITA
  • SH_Amrullah
  • Berita

Pandemi Covid-19 menjadi momok bagi seluruh lapisan masyarakat di dunia termasuk bagi masyarakat kampus UIN Alauddin Makassar. Momok tersebut telah menghentikan seluruh kegiatan mahasiswa selama kurang lebih tiga bulan. Khususnya mahasiswa tingkat akhir, yang baru akan melakukan penelitian ataupun yang sedang melakukan pengamatan di laboratorium, terkait tugas akhirnya. Bagi mahasiswa tingkat akhir, yang sudah tidak lagi mengambil mata kuliah (kalaupun ada hanya beberapa SKS), tidak ada yang bisa dilakukan selain menunggu, berdoa, dan melakukan kegiatan positif selama #DiRumahSaja.

Berdasar pada keresahan tersebut, Tim Magang Laboratorium Mikrobiologi, Jurusan Biologi FST UIN Alauddin Makassar memunculkan ide kreatif. Bersama dengan Kepala Laboratorium, Dosen, Laboran, mereka mengisi kekosongan di tengah pandemi dengan cara yang berfaedah, yaitu dengan menghelat diskusi online berskala nasional. Diskusi online tersebut dilaksanakan pada hari Sabtu, 6 Juni 2020 lalu via google meeting. Mengangkat tema Gak bisa ngelab karena PSBB? Ngobrol seputar riset biologi aja yuk!, Microcorner (begitu Tim Magang Mikrobiologi disebut) menghadirkan ratusan peserta dari seluruh Indonesia yang didominasi oleh kalangan pelajar/mahasiswa.

Kegiatan virtual ini menghadirkan pemateri-pemateri yang keilmuannya tidak diragukan lagi. Pemateri pertama yaitu Dr. Muchdar Davis, M.Si. (Peneliti dari Puslit Biologi, LIPI) yang membawakan materi seputar “Perkembangan Riset Biologi”. Sedangkan untuk materi kedua menghadirkan Eka Astuty, S.Si., M.Si., (Dosen Fakultas Kedokteran, Universitas Pattimura) yang membawakan materi seputar “Menejemen Referensi dalam Penulisan Karya Tulis Ilmiah”. Tanya jawab dari peserta diskusi berlangsung di akhir setiap materi dengan antusias tinggi, terbukti dari banyaknya pertanyaan yang masuk dan dijawab oleh kedua pemateri.

Kepala Laboratorium Biologi FST UIN Alauddin Makassar, Eka Sukmawaty, S.Si., M.Si., yang pada kesempatan ini juga bertindak sebagai moderator, mengemukakan, bahwa tujuan dari pelaksanaan diskusi online ini untuk mengisi kekosongan mahasiswa tingkat akhir di manapun berada, yang penelitiannya terpaksa ditunda karena PSBB dengan cara yang bermanfaat. 

“Selain itu juga, kami mengharapkan acara ini dapat menginspirasi mahasiswa yang lebih junior dalam menentukan ide risetnya nanti”, tambahnya dengan penuh semangat.

Diskuksi online ini berjalan dengan baik. Meski terhalang oleh jarak dan pandemi, namun para peserta yang didominasi pelajar/mahasiswa tidak kehilangan antusiasmenya untuk mendapatkan ilmu sebanyak-banyaknya. Kegiatan inipun kemudian menjadi pembuka dari rangkaian diskusi virtual laboratorium lainnya di Jurusan Biologi FST UIN Alauddin Makassar yang terdiri dari Laboratorium Genetika, Zoologi, Botani, dan Ekologi. (MifJan/SHA)

*Adm: SHA