Mahasiswa Biologi Meriahkan Kegiatan Nature Camp 2019

  • 07-08-2019
  • 03:49 WITA
  • admin_bio
  • Berita

Sabtu dan Minggu (03-04/08) Ecology Society (E-CoS) menyelengarakan kegiatan “Nature Camp 2019” di Hutan Pinus Lembanna, Malino-Gowa, Sulawesi Selatan. Kegiatan yang mengusung konsep berkemah sambil belajar ini diikuti oleh 26 peserta dari mahasiswa jurusan Biologi UIN Alauddin Makassar.

“Kegiatan ini diharapkan menjadi wadah yang mendobrak konsep belajar konvesional yang terpaku di ruang-ruang kelas. Kegiatan Nature camp semoga menjadi solusi tepat, menghadirkan konsep belajar sambil bersenang-senang. Oleh sebab itu, materi yang kami usung akan disesuaikan dengan target peserta kegiatan”, tutur Hasyimuddin selaku founder E-CoS.

Senada dengan pernyataan Hasyimuddin, salah satu peserta dari Jurusan Biologi UIN Alauddin Makassar mengapresiasi kegiatan yang berlangsung menyenangkan dan mendidik ini. “Saya sangat senang ikut kegiatan Nature Camp yang dilaksanakan E-CoS ini, sesuai dengan harapan kami selaku mahasiswa Biologi. Banyak hal baru dan pengalaman yang menarik, dan tentu saja menambah kompetensi kami selaku mahasiswa. Mantaplah”, ungkap mahasiswa jurusan Biologi semester V, Zulkifli Nurwahid.

Kegiatan ini berlangsung selama dua hari dengan materi yang diangkat meliputi: Pelestarian plasma nutfah, ecobrick, identifikasi tumbuhan, ornitologi dasar, analisis vegetasi, hidrologi dasar, pengamatan serangga dan biomonitoring.

Pada akhir kegiatan Nature camp tersebut diadakan juga launching secara resmi Ecology Society (E-CoS) pada tanggal 04 Agustus 2019. Komunitas E-CoS yang digagas oleh beberapa Alumni Biologi ini merupakan komunitas yang bergerak di bidang pelestarian lingkungan hidup, pendidikan, dan pengabdian kepada masyarakat. (NM-Z)