Empat Dosen Biologi Raih Satyalencana di Peringatan Hut RI Ke-75

  • 17 Agustus 2020
  • 12:00 WITA
  • SH_Amrullah
  • Berita

Universitas Islam Negeri (UIN) Alauddin Makassar kembali mengukir sejarah baru dengan perolehan penghargaan Satyalencana Karya Satya serentak kepada 179 PNS pada hari Ulang Tahun Republik Indonesia ke -75.

Presiden Joko Widodo, melalui Kepres Nomor 37/TK/Tahun 2020 menganugerahkan Satyalencana tersebut yang diserahkan langsung oleh Rektor UIN Alauddin Makassar, Prof. Hamdan Juhannis, Ph.D kepada beberapa perwakilan pada Kegiatan Upacara 17 Agustus 2020 di lapangan upacara kampus II UIN Alauddin Makassar. Tanda kehormatan tersebut diberikan kepada PNS yang telah mengabdikan diri pada UIN Alauddin Makassar selama 10 tahun, 20 tahun, dan 30 tahun.

Dari 179 PNS yang mendapatkan penganugerahan Satyalencana tersebut, terdapat empat perwakilan jurusan Biologi untuk Satyalencana  Karya Satya 10 tahun yang telah mendedikasikan dirinya pada instansi dengan jargon Kampus Peradaban tersebut, mereka adalah Dr. Fatmawati Nur, S.Si., M.Si., Dr. Hafsan, S.Si., M.Pd., Dr. Cut Murthiadin, S.Si., M.Si., dan Dr. Mashuri Masri, S.Si., M.Kes.

Penganugerahan Satyalencana ini merupakan agenda tahunan dari Presiden Republik Indonesia pada HUT Kemerdekaan RI sebagai bentuk apresiasi kepada Pegawai Negeri Sipil atas kesetiaan, kedisiplinan, dan pengabdian kepada instansi dan Negara yang harapannya dapat menjadi teladan bagi pegawai lainnya.

Seperti yang diungkapkan oleh Dr. Hafsan, S.Si., M.Pd., Dosen Biologi Pengangkatan tahun 2009 bahwa penganugerahan ini setidaknya dapat menjadi sebuah kebanggan tersendiri  dengan harapan yang lebih baik

Tanda masa pengabdian mencapai 10 thn tentu saja  menumbuhkan kebanggaan tersendiri bagi saya, dengan harapan simbol pengabdian ini dapat semakin meningkatkan sikap keteladanan, kesetiaan, kedisiplinan, semangat juang dan motivasi, untuk meningkatkan Dharma Bhakti kepada bangsa dan negara

Hal yang sama juga diungkapkan oleh Dr. Fatmawati Nur, S.Si., M.Si.,  Salah seorang Pioneer Jurusan Biologi sejak tahun 2004, Ketua Jurusan Biologi 2 Periode yang kini menjabat sebagai Wakil Dekan Bidang Administrasi Umum, Perencanaan, dan Keuangan Fakultas Sains dan Teknologi bahwa pencapaian hari ini tidak lepas dari bentuk loyalitas kepada instansi dan negara dan tetap menjunjung tinggi slogan dari Kementerian Agama yaitu Ikhlas Beramal. (ZN/NM)