Profil

Status Prodi

:

Aktif

Perguruan Tinggi

:

Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar

Kode Program Studi

:

46201

Nama Program Studi

:

Biologi

Tanggal Berdiri

:

9 Desember 2005 

SK Penyelenggaraan

:

3528/D/T/K-AI/2009 

Tanggal SK

:

2009-09-30

Rasio Dosen : Mahasiswa

:

1 : 23.7 (2018/2019) 

Alamat

:

Jalan H.M. Yasin Limpo No. 36 Kel. Romang Polong,

Kec. Somba Opu, Kab. Gowa Prov. Sul Sel

Kode Pos

:

92113

Telepon

:

0411-495919 

Faximile

:

0411-424836

Email

:

biologi@uin-alauddin.ac.id 

Website

:

http://bio.fst.uin-alauddin.ac.id

Gelar Lulusan

:

S.Si (Sarjana Sains)

Deskripsi

:

1.  Profil Lulusan Utama

Prodi Biologi UIN Alauddin Makassar menghasilkan sarjana biologi yang berakhlakul karimah dan berkualitas yang memiliki integritas serta motivasi tinggi untuk berperan sebagai peneliti berbasis biodiversitas sehingga mendukung peningkatan mutu perguruan tinggi dan kualitas kehidupan bermasyarakat.

2. Profil Lulusan Tambahan

Sarjana biologi bisa berperan sebagai biology yang memahami teknik-teknik dan quality control pada berbagai laboratorium dan bidang industri (kesehatan, makanan), konsultan dalam pengelolaan dan pemanfaatan biota dan lingkungan dan Tenaga edukatif (dosen, guru, trainer) serta berpeluang menjadi bioenterpreneur.

Visi

:

Menjadi wadah berperadaban dalam pengembangan ilmu Biologi dan terapannya yang berbasis biodiversitas, dijiwai nilai-nilai Al-Qur’an dan Al-Hadist sehingga melahirkan Biolog yang beriman, bertakwa, cerdas, mandiri dan berprestasi.

Misi

:

1.  Menyelenggarakan atmosfer akademik dalam pembelajaran ilmu Biologi dan segenap aspek terapannya yang kondusif dengan menitikberatkan pada pelestarian biodiversitas  sehingga mendukung peningkatan mutu perguruan tinggi dan kualitas kehidupan bermasyarakat.

2. Menyelenggarakan pendidikan, penelitian, dan pengabdian pada masyarakat yang merefleksikan kemapanan integrasi antara nilai ajaran Islam dengan ilmu Biologi  yang akan menjadi dasar pengembangan, pemanfaatan, serta pengelolaan makhluk hidup dengan segenap kompleksitasnya untuk kesejahteraan masyarakat dan lingkungan.

3. Menjalin kemitraan dengan instansi pemerintah, lembaga riset, perguruan tinggi, berbagai sektor industri, baik dalam maupun luar negeri  dalam rangka pengembangan dan implementasi ilmu Biologi.

4. Mewujudkan program studi yang bertata kelola baik dan berdaya saing menuju kampus peradaban dengan mengembangkan nilai spiritual dalam tradisi keilmuan.

Kompetensi Program Studi

:

1.  Deskripsi Generik Level 6 Lampiran Perpres No 8 Tahun 2012 (paragraf pertama)

Mampu mengaplikasikan bidang keahliannya dan memanfaatkan ilmu pengetahuan, teknologi, dan/atau seni pada bidangnya dalam penyelesaian masalah serta mampu beradaptasi terhadap situasi yang dihadapi.

 

Deskripsi Spesifik:

a.  Mampu menyajikan alternatif solusi dalam memecahkan masalah biologi terkait pengelolaan sumber daya hayati dan lingkungan secara berkelanjutan melalui penerapan pengetahuan, metode biologi dan teknologi yang relevan sebagai dasar pengambilan keputusan yang tepat.

b.  Mampu mengaplikasikan keilmuan biologi pada lingkup kehidupan sehari-hari yang bermanfaat bagi masyarakat.

c.  Mampu mengelola sumber daya hayati dan lingkungan dalam lingkup spesifik.

 

2. Deskripsi Generik Level 6 (paragraf kedua)

Menguasai konsep teoritis bidang pengetahuan tertentu secara umum dan konsep teoritis bagian khusus dalam bidang pengetahuan tersebut secara mendalam, serta mampu memformulasikan penyelesaian masalah prosedural.

 

Deskripsi Spesifik:

a.                  Menguasai prinsip-prinsip biologi, sumber daya hayati dan lingkungan.

b.                 Menguasai konsep aplikasi biologi dan teknologi yang relevan dalam pengelolaaan sumber daya hayati dan lingkungannya.

c.                  Menguasai prinsip dasar aplikasi perangkat lunak, instrumen dasar, metode standar untuk analisis dan sintesis pada bidang biologi yang umum dan spesifik.

3. Deskripsi Generik Level 6 (paragraf ketiga)

Mampu mengambil keputusan yang tepat berdasarkan analisis informasi dan data, dan mampu memberikan petunjuk dalam memilih berbagai alternatif solusi secara mandiri dan kelompok.

Deskripsi Spesifik:

a.             Mengambil keputusan secara tepat dalam konteks penyelesaian masalah di bidang keahliannya, berdasarkan hasil analisis terhadap informasi dan data

b.            Mampu memecahkan masalah iptek di bidang pengelolaan dan pemanfaatan sumber daya hayati melalu prinsip-prinsip pengorganisasian sistematika, memprediksi, menganalisis data informasi dan bahan hayati sera memodulasi struktur dan fungsi sel, seta penerapan teknologi relevan;

c.             Mampu mengaplikasikan keilmuan biologi agar bermanfaat bagi diri sendiri dan masyarakat dalam kehidupan sehar-hari;

d.           Mampu menyajikan alternatif solusi terhadap masalah bidang pengelolaan dan pemanfaatan sumberdaya hayati dalam lingkup spesifik, yang dapat digunakan sebagai dasar pengambilan keputusan secara tepat;

e.             Mampu menyiapkan, menangani, dan mengelola sumber daya hayati dalam lingkup spesifik.

 

4. Deskripsi Generik Level 6 (paragraf keempat)

Bertanggungjawab   pada   pekerjaan   sendiri   dan dapat diberi tanggungjawab atas pencapaian hasil kerja yang ditetapkan oleh organisasi/ Lembaga.

Deskripsi Spesifik:

a.                      Mempertanggungjawab pencapaian hasil kerja kelompok dan melakukan supervisi dan evaluasi terhadap penyelesaian pekerjaan yang ditugaskan kepada pekerja yang berada di bawah tanggungjawabnya.

b.                     Melakukan proses evaluasi diri terhadap kelompok kerja yang berada dibawah tanggung jawabnya, dan mampu mengelola pembelajaran secara mandiri.

c.                      Mengembangkan dan memelihara jaringan kerja dengan pembimbing, kolega, sejawat baik di dalam maupun di luar lembaganya.

d.                    Mampu mengenali diri dan kelompok terhadap potensi dan minat melalui proses penelusuran informasi, pengalaman, dan refleksi untuk mengembangkan minat dan bakat serta kewirausahaan.

Capaian Pembelajaran

:

A. Capaian Pembelajaran Bidang Sikap dan Tata Nilai

Rumusan Capaian Pembelajaran Bidang Sikap dan Tata Nilai

Setiap lulusan program pendidikan akademik, vokasi, spesialis, dan profesi harus memiliki sikap sebagai berikut:

a.   Bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan mampu menunjukkan sikap religius

b.   Menjunjung tinggi nilai kemanusiaan dalam menjalankan tugas berdasarkan agama, moral, dan etika

c.   Berkontribusi dalam peningkatan mutu kehidupan bermasyarakat, berbangsa, bernegara, dan kemajuan peradaban berdasarkan Pancasila

d.   Berperan sebagai warga negara yang bangga dan cinta tanah air, memiliki nasionalisme serta rasa tanggungjawab pada bangsa dan negara

e.   Menghargai keanekaragaman budaya, pandangan, agama, dan kepercayaan serta pendapat atau temuan orisinal orang lain

f.   Bekerjasama dan memiliki kepekaan sosial serta kepedulian terhadap masyarakat dan lingkungan

g.   Taat hukum dan taat asas dalam kehidupan bermasyarakat dan bernegara

h.   Menginternalisasi nilai, norma, dan etika akademik

i.   Menunjukkan sikap bertanggungjawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara mandiri

j.   Menginternalisasi semangat kemandirian, keuangan dan kewirausahaan

k.   Menjunjung tinggi nilai-nilai etika akademik, yang meliputi kejujuran dan kebebasan akademik dan otonomi akademik;

l.   Bertanggung jawab sepenuhnya terhadap nilai-nilai akademik yang diembannya

m.  Menjunjung tinggi nilai-nilai keislaman dan kearifan lokal.

 

B.  Capaian Pembelajaran Bidang Pengetahuan

Sejarah

Program Studi Biologi  merupakan salah satu dari sembilan program studi yang berada di bawah naungan Fakultas Sains dan Teknologi UIN Alauddin Makassar. Izin penyelenggaraannya didasarkan pada Surat Keputusan Menteri Pendidikan Nasional No.179/MPN/KL/2004 tertanggal 10 Desember 2004.


Fasilitas

1    Ruang Kantor    2        
2    Ruang Kelas    4       
3    Laboratorium Biologi     5          
4    Ruang Perpustakaan    2         
5    Lab. Komputer        120        
6    Ruang lecture theatre    1 


Fakultas Sains & Teknologi - Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar