Artikel



 

» Profil

JURUSAN BIOLOGI

FAKULTAS SAINS DAN TEKNOLOGI

UIN ALAUDDIN

Visi " Menjadi wadah peradaban dalam pengembangan ilmu Biologi khususnya dalam bidang Mikrobiologi dan terapannya yang dijiwai nilai-nilai Al-Qur’an dan Al-Hadist sehingga melahirkan biologist yang beriman, bertakwa, cerdas, dan berprestasi "

Misi

  1. Menyelenggarakan atmosfir akademik dalam pembelajaran ilmu Biologi yang kondusif dengan menitikberatkan pengembangan bidang Mikrobiologi dan segenap aspek terapannya sehingga mendukung peningkatan mutu perguruan tinggi dan kualitas kehidupan bermasyarakat.
  2. Menyelenggarakan pendidikan, penelitian, dan pengabdian pada masyarakat yang merefleksikan kemapanan integrasi antara nilai ajaran Islam dengan ilmu murni biologi yang akan menjadi dasar pengembangan, pemanfaatan, serta pengelolaan di makhluk hidup dengan segenap kompleksitasnya.
  3. Menjalin kemitraan dengan instansi pemerintah, lembaga riset, perguruan tinggi dalam dan luar negeri, berbagai sektor industri, BUMN, dan swasta dalam rangka pengembangan, pelatihan dan penerapan berbagai aplikasi ilmu Biologi secara umum dan bidang Mikrobiologi secara khusus.
  4. Mewujudkan program studi yang mandiri, berkarakter, bertata kelola baik dan berdaya saing menuju universitas riset dengan mengembangkan nilai spiritual dan tradisi keilmuan

Tujuan

  1. Melahirkan sarjana Biologi yang beriman, bertakwa, cerdas, dan berprestasi dalam bidang Biologi khususnya Mikrobiologi dan terapannya dengan mempertimbangkan kearifan lokal yang senantiasa menjiwai Al-Quran dan Al-Hadits.

  2. Menghasilkan kajian/ penelitian yang berkualitas sehingga dapat menjadi acuan bagi pengembangan dan penerapan Ipteks. Untuk membantu masyarakat, pemerintah/pengambil kebijakan dalam memberi solusi terhadap masalah-masalah lokal maupun nasional.

  3. Menjadi wadah pengembangan ilmu Mikrobiologi yang mampu menjadi salah satu bank isolat mikroba untuk kawasan Indonesia Timur.

  4. Memiliki SDM yang berkarakter dengan etos kerja dan komitmen yang tinggi untuk pengembangan program studi.


[ Kembali ]