Gelar Kuliah Umum, Jurusan Biologi Siap Laksanakan Praktikum

  • 22 Maret 2021
  • 12:44 WITA
  • Admin_Bio
  • Berita

Jurusan Biologi Fakultas Sains dan Teknologi UIN Alauddin Makassar menggelar kegiatan Kuliah Umum persiapan menghadapi kegiatan praktikum semester genap 2020-2021. (20-21 Maret 2020).

Kepala Laboratorium Jurusan Biologi, Zulkarnain S.Si., M.Kes mengatakan bahwa kegiatan kuliah umum ini dilaksanakan untuk memberikan bekal kepada para asisten dan praktikan sebelum dilaksanakannya kegiatan praktikum.

“Kuliah umum ini merupakan kegiatan yang tiap tahun dilaksanakan oleh pihak Jurusan Biologi, dalam hal ini pihak Laboratorium Jurusan Biologi sebelum dimulainya pelaksanaan praktikum untuk memberikan gambaran pelaksanaan praktikum, metode penyusunan laporan serta hal-hal yang terkait praktikum”, jelasnya.

Kuliah umum yang dilaksanakan dengan konsep kegiatan hybrid (daring dan luring) ini menghadirkan beberapa narasumber, yaitu Dr. Fatmawati Nur, M.Si (Wakil Dekan 2 Bidang AUPK Fakultas Saintek), Rusmadi Rukmana, S.Si., M.Pd (Dosen Jurusan Biologi), Windy Sahar, S.Si., M.Sc (Staf Penelitian, Unit Diklat Rumah Sakit Universitas Indonesia) dan Rahmat Fajrin Alir, S.Si (Tenaga Kerja Laboran Jurusan Biologi).

Kegiatan ini dibagi menjadi dua sesi kegiatan. Sesi pertama pada hari Sabtu, 20 Maret 2021 diisi oleh tiga pemateri. Pemateri pertama yaitu Dr. Fatmawati Nur. M.Si yang memberikan dasar-dasar penyusunan laporan praktikum dan karya tulis ilmiah. Selanjutnya pemateri kedua yaitu Rusmadi Rukmana, S.Si., M.Pd memaparkan materi seputar K3 (Kesehatan dan Keselamatan Kerja) di Laboratorium atau seputar safety laboratory. Pemateri terakhir, yaitu Windy Sahar, S.S., M.Sc berbagi pengalaman seputar instrumentasi laboratorium dan keuntungan menjadi biolog di dunia kerja serta dunia kemanusiaan.

Sementara itu, sesi kedua jalannya kegiatan kuliah umum berlangsung pada hari Ahad, 21 Maret 2021. Pemateri pada sesi kedua ini yaitu Rahmat Fajrin Alir, S.Si memaparkan hal-hal teknis dalam penyusunan laporan praktikum serta sistematika penyusunan laporan.

 

Kegiatan yang dihadiri sekitar 200 orang yang terdiri dari asisten, praktikan juga dosen dan tenaga laboran ini mendapat apresiasi dari pihak jurusan yang menilai kegiatan ini memang diperlukan sebelum menghadapi praktikum semester genap tahun ini.

“Praktikum itu salah satu kegiatan akademik yang penting sekali yah, juga kadangkala dirasa berat oleh sebagian mahasiswa, khusunya mahasiswa baru yang baru saja mengenal dunia praktikum. Kuliah umum jadi kegiatan yang tepat sehingga mahasiswa jadi lebih siap untuk melaksanakan praktikum, meskipun kegiatan praktikum semester ini masih dalam konsep daring”, ungkap Sekertaris Jurusan Biologi, Hasyimuddin, S.Si., M.Si.

Kegiatan ini menjadi awal dimulainya kegiatan praktikum yang direncanakan akan dilaksanakan dalam konsep Praktikum dari rumah. Adapun praktikum yang akan berlangsung adalah praktikum taksonomi invertebrata, praktikum botani dasar, praktikum fisiologi dan perkembangan hewan, praktikum genetika dan biologi molekuler serta praktikum mikrobiologi lanjut. *(NM/MA).

Kontributor: Nurul Melinda