Tingkatkan Daya Saing Mahasiswa, Jurusan Biologi Gelar Biochamp

  • 16 Maret 2021
  • 08:41 WITA
  • Admin_Bio
  • Berita

Senin 15 Maret 2021, Jurusan Biologi Fakultas Sains dan Teknologi UIN Alauddin makassar melaksanakan kegiatan Biology Championship (Biochamp) dengan mengangkat tema “Membumikan Inovasi dan Terapan Biologi Sains, Teknologi dan Riset Berlandas Biodiversitas Menuju Indonesia Emas 2045”.

Pada saat acara pembukaan, Selies Meriem, S.Pd., M.Sc selaku ketua panitia menyatakan bahwa kegiatan ini merupakan kegiatan perdana yang  dilaksanakan karena adanya tuntuan yang megharuskan mahasiswa memilki daya saing serta menghasilkan prestasi yang sesuai dengan visi misi generasi emas 2045.

Kegiatan ini digagas untuk menjaring mahasiswa biologi yang mampu bersaing sekaligus menciptakan mahasiswa yang dapat terlibat dalam mewujudkan visi misi generasi emas 2045”, tuturnya.

Biochamp ini merupakan tahap seleksi awal mahasiswa-mahasiswa berprestasi yang kemudian akan dibina oleh pihak jurusan untuk mengikuti berbagai kegiatan. Selain itu tujuan dari kegiatan ini adalah untuk meningkatkan motivasi belajar mahasiswa di bidang biologi, mendorong kemampuan akademik dan wawasan di bidang terapanya serta mendorong peningkatan daya saing mahasiswa ditingkat nasional dan internasional.

Kegiatan ini sebenarnya seleksi tahap awal bagi calon kompetitor di bidang biologi  yang kemudian akan dibina secara intensif oleh para dosen yang berkompeten pada berbagai cabang ilmu biologi seperti botani, genetika, mikrobiologi, zoologi dan ekologi,” sambungnya.

Sementara itu dalam sambutanya, Ketua Jurusan Biologi, Dr. Masriany, S. Si., M.Si., memberi selamat kepada semua peserta yang telah mendaftar dan berharap ajang ini diikuti oleh semua mahasiswa  jurusan biologi.

“Mahasiswa yang telah mendaftarkan dirinya telah menang melawan egonya, dan telah menjadi juara karena memiliki kepercayaan diri untuk mengikuti kompetisi ini. Kami berharap kedepanya semua mahasiwa biologi akan lebih banyak yang terlibat dan ikut serta dalam ajang ini.”

Biochamp ini sendri terdiri dari 6 item lomba yaitu olimpiade biologi, lomba penulisan essay, pembuatan video dokumenter, lomba karya tulis ilmiah, lomba debat dan teknologi tepat guna yang diikuti 27 orang mahasiswa biologi baik tim ataupun perorangan.* (MA/NM).

Kontributor: Nurul Melinda