Jurusan Biologi Bagikan Sembako dan Masker di tengah Pandemi Covid-19

  • 01 Januari 1970
  • 12:00 WITA
  • Admin_Bio
  • Berita

Tim pengabdi Jurusan Biologi Fakultas Sains dan Teknologi (FST) UIN Alauddin Makassar membagikan sembako dan masker kepada mahasiswa dan warga yang terdampak pandemi Covid-19 di sekitaran kampus II UIN Alauddin Makassar dan sekitaran wilayah Tamangapa-Manggala yang menjadi bagian perbatsan antara kota Makassar dan Kabupaten Gowa, Rabu, 22 April 2020. Kegiatan ini merupakan wujud pengaplikasian salah satu Tridharma perguruan tinggi yaitu Kegiatan Pengabdian kepada Masyarakat (PkM). Selain itu, pembagian sembako dan masker ini adalah bentuk kepekaaan sosial civitas akademika prodi Biologi melihat kondisi saat ini.

Tak hanya memberikan bantuan kepada masyarakat terdampak, kegiatan ini sekaligus sosialisasi kepada warga dan mahasiswa tentang kebijakan pemerintah yaitu menerapkan social distancing atau jaga jarak dengan orang lain dan mengusahakan beraktivitas dari rumah saja ditengah Pandemi Covid-19.

Salah satu dosen jurusan Biologi yang juga merupakan koordinator lapangan PkM, Zulkarnain menjelaskan pembagian sembako dan masker ini adalah upaya mensosialisasikan kebijakan pemerintah dan tetap menyebarkan perilaku positif ditengah wabah korona saat ini."Ini adalah upaya sosialisasi kebijakan pemerintah, selain itu ditengah pandemi Covid-19 ini prodi Biologi merasa penting untuk menyebarkan tindakan positif agar warga dan mahasiswa tidak panik terhadap situasi sekarang" jelasnya saat diwawancarai via WhatsApp. Lebih lanjut, Pria berkacamata ini berharap bantuan dari prodi Biologi ini dapat meringankan kondisi warga dan mahasiswa yang memilih untuk tidak pulang kampung dalam masa-masa pandemi saat ini.

Senada dengan itu, mahasiswa yang ikut sebagai relawan, Zulhijjah Amin mengaku sangat antusias dalam pelaksanaan kegiatan ini, menurutnya penting menumbuhkan rasa peduli antar sesama saat pendemi ini. "Saya salah satu mahasiswa yang tidak bisa mudik ditengah pandemi, tapi bukan berarti saya tidak bisa berguna bagi sesama. Saya sangat antusias Ikut menjadi relawan dalam pembagian sembako dan masker serta sosialisasi kebijakan pemerintah terkait Covid-19 ini untuk menjaga silaturahmi dan rasa peduli antar sesama mahasiswa maupun warga sekitaran kampus" papar mahasiswa tingkat akhir prodi Biologi ini.

Total ada sekitar puluhan  paket sembako yang dibagikan kepada masyarakat dan mahasiswa. Sembako yang dibagikan terdiri dari beras, mie instan, ikan kaleng, susu, minyak goreng, gula pasir, detergent, dan sabun mandi. Tak hanya itu  bantuan juga berupa masker dan uang tunai. (Nurman-Zul)