Lebih Dekat dengan Satwa, Mahasiswa Biologi “Hijaukan” Gowa Discovery Park

  • 02 Januari 2020
  • 12:00 WITA
  • Administrator
  • Berita

Musim hujan yang memasuki puncaknya di awal tahun tidak menjadi halangan bagi mahasiswa Jurusan Biologi untuk menuntaskan perkuliahan Taksonomi Vertebrata dengan kelas rekreasi (Outing Class) di Gowa Discovery Park (GDP), Kamis 2 Januari 2020 lalu. Datang dengan masing-masing menggunakan jas almamater, 58 mahasiswa dari Angkatan 2018 (Bicuspidal18) yang terbagi ke dalam dua kelas (A dan B), sukses membuat GDP disesaki “Pasukan Hijau”, meski tempat tersebut juga ramai oleh wisatawan domestik karena masih dalam suasana libur sekolah. Kegiatan yang berlangsung dari pagi hingga siang hari tersebut dipandu oleh tiga orang dosen pengampu mata kuliah (teori dan praktikum) serta dua orang laboran dari Laboratorium Zoologi Jurusan Biologi FST UIN-AM.

Outing Class ini merupakan perkuliahan pertemuan terakhir (pertemuan ke-15) yang bertujuan untuk mengenalkan mahasiswa secara langsung dengan jenis-jenis hewan yang termasuk ke dalam kelompok Vertebrata (Pisces, Amfibi, Reptil, Aves, dan Mammalia)”, jelas Siti Aisyah Sijid, M.Kes. selaku Dosen Kelas B sekaligus Koordinator Mata Kuliah Taksonomi Vertebrata. Zulkarnain, salah satu Dosen Mata Kuliah Praktikum menambahkan, “Jenis satwa dalam lokasi Taman Satwa GDP ini didominasi oleh jenis-jenis Aves, Reptil dan juga beberapa Mammalia termasuk Primata endemik Sulawesi, Macaca maura. Sedangkan untuk Pisces dan Amfibi belum ada kandang atau penangkaran khusus”.

Selama kurang lebih tiga jam mahasiswa melakukan observasi secara langsung serta melakukan interview kepada pemandu/petugas Taman Satwa terkait jenis hewan, ciri morfologi, perilaku makan, serta komponen habitat yang harus ada dalam mendukung kehidupannya. Dengan alat tulis dan kamera yang telah disipakan sebelumnya, masing-masing mahasiswa yang dibagi ke dalam lima kelompok setiap kelas ini mendokumentasikan dan mencatat poin-poin penting yang ditugaskan oleh dosen. “Mahasiswa kami tugaskan untuk mencatat minimal 15 jenis hewan dilengkap deskripsi mengenai morfologi, ekologi, perilaku, serta praktik pengklasifikasiannya. Output dari kegiatan ini juga sedianya akan disusun kembali oleh Tim Dosen Mata Kuliah menjadi buku yang nantinya dapat menunjang perkuliahan di kelas”, terang Amrullah selaku Dosen pengampu di Kelas A.

Outing Class Taksonomi Vertebrata kali ini berlangsung menyenangkan, meski sempat terhambat oleh guyuran hujan. Ayu Febriani, salah satu peserta dari Kelas B menuturkan, ”Outing Class yang dilaksanakan kemarin sangat menyenangkan dan juga bermanfaat, sebab mahasiswa dapat melakukan pengamatan langsung pada hewan yang ada di dalam Taman Satwa GDP. Mahasiswa kemudian dapat menyesuaikan dengan teori yang telah didapatkan di kelas”. Masih kurangnya jenis hewan dalam Taman Satwa ini pun menjadi sorotan mahasiswi yang juga termasuk ke dalam anggota Magang di Laboratorium Zoologi FST UIN-AM ini. “Harapan saya, kegiatan semacam ini masih tetap dilaksanakan di masa mendatang, dengan lokasi pengamatan yang lebih banyak jenis hewannya (seperti kebun binatang) ataukah pengamatan langsung di alam bebas yang menjadi habitat aslinya hewan-hewan tersebut”, tutupnya. (SHA)