Bertengger di SINTA S2, Biogenesis Menuju Internasionalisasi

  • 14-10-2019
  • 04:15 WITA
  • admin_bio
  • Berita

Berdasarkan SK Dirjen Penguatan Riset dan Pengembangan Kemenristekdikti RI No. 28/E/KPT/2019, Biogenesis: Jurnal Ilmiah Biologi yang diterbitkan oleh Jurusan Biologi, Fakultas Sains dan Teknologi, UIN Alauddin Makassar (bit.ly/jurnalbiogenesis) berhasil naik peringkat ke SINTA 2 pada periode V tahun 2019. Biogenesis menjadi jurnal pertama di Fakultas Sains dan Teknologi yang meraih SINTA 2.

"Alhamdulillah, pencapaian ini tak lepas dari support Universitas, Fakultas, Jurusan, rumah jurnal UINAM, rekan forum pengelola jurnal Biologi dan semua pihak yang tidak putus-putusnya saling mengarahkan untuk menjadi lebih baik lagi". ujar Isna Rasdianah Aziz, M.Sc., selaku editor in chief Biogenesis.

Berbekal dari peringkat ke-3 pada tahun 2018, tim redaksi Biogenesis terus memacu eskalasi kualitas pengelolaan manajerial dan substansi. Tahapan pencapaian tersebut salah satunya dengan perekrutan tim editorial dari berbagai jurnal sebidang yang sebelumnya telah terakreditasi nasional.

"Setelah pencapaian ini, Biogenesis, kami persiapkan menuju jurnal internasional bereputasi SINTA S1. Tentu banyak hal yang harus dipersiapkan dalam proses transformasi ini", terangnya.

Lebih lanjut, Isna menjelaskan networking dengan berbagai peer-reviewer dari 7 benua terus ditingkatkan agar standar kualitas memenuhi kaidah internasional. Diharapkan dalam kurun 2 tahun, Biogenesis telah mencapai peringkat jurnal internasional bereputasi. (IRA)