Dosen Biologi ikuti Workshop Plant Molecular Breeding and Genetics di Balitsereal Maros

  • 05-10-2019
  • 08:31 WITA
  • admin_bio
  • Berita

Dalam rangka meningkatkan kapasitas dosen Biologi, Fakultas Sains dan Teknologi mengutus dua dosennya Dr. Cut Muthiadin, M.Si dan Isna Rasdianah Aziz, M.Sc untuk mengikuti workshop bertemakan “Plant Molecular Breeding and Genetics” yang diselenggarakan oleh Balai Penelitian Tanaman Serelia, Maros pada Kamis, 26 September 2019 lalu.

Prof. Bunyamin Tar'an, Ph.D yang merupakan dosen di University of Saskatchewan Saskatoon, Canada menjadi satu-satunya keynote speaker dalam workshop ini. Dalam paparannya, selain memperkenalkan ilmu terbarukan dalam bidang plant genetic, beliau juga mensimulasikan penggunaan program-program yang dapat diaplikasikan oleh peserta yang nantinya terjun dalam bidang penelitian serupa.

“Marka genetik hanya berguna jika bersifat polimorfik, dapat direproduksi kembali, kodominant serta proses deteksi yang cepat dan murah, sehingga berbagai teknik marka molekuler yang digunakan akan memberikan kemudahan bagi para pemulia tanaman”, ujarnya.

Analisis Quantitative Trait Loci (QTL) yang dipraktikkan langsung oleh peserta sangat membantu dalam eksplorasi lanjut pada bidang genetika konservasi, identifikasi penyakit, dan peningkatan produksi yang merupakan fokus kajian kedua dosen Biologi ini. (IRA)