Laboratorium Biologi FST Bekali Asisten dan Praktikan melalui Kuliah Umum Praktikum

  • 18-09-2019
  • 02:51 WITA
  • admin_bio
  • Berita

Bukan bekal makanan, minuman, atau perbekalan lainnya yang diberikan oleh Laboratorium Biologi FST UIN-AM kepada Asisten dan Praktikannya, melainkan bekal berupa materi yang sangat penting. Materi yang dimaksud adalah “Kesehatan dan Keselamatan Kerja (K3) di Laboratorium” yang dibawakan oleh Nurzakiyah Febriani, Apt., M.Ph. (PT. Merk) dan “Etika Beraktivitas di Alam Bebas” yang dibawakan oleh Syarif Hidayat Amrullah, S.Pd., M.Sc. (Dosen Taksonomi Hewan). Kedua materi esensial ini dikemas dalam acara bertajuk Kuliah Umum Praktikum Biologi Semester Ganjil periode 2019-2020.

Kuliah Umum ini dilaksanakan di Lecture Theatre (LT) Fakultas Sains dan Teknologi, Selasa 17 September 2019 mulai pukul 09.00 s.d. 13.00 WITA. Ketua Jurusan Biologi, Dr. Mashuri Masri, M.Kes. dipercaya untuk membuka acara setelah sambutan dari Kepala Laboratorium Biologi, Eka Sukmawaty, S.Si., M.Si. Dalam sambutannya, Kajur Biologi menunjukkan apresiasinya terhadap pelaksanaan kegiatan dan juga menekankan pada pentingnya meningkatkan kualitas lulusan. Peningkatan kualitas yang dimaksud dapat terwujud melalui perkuliahan dan praktikum, sehingga mahasiswa dituntut untuk bersungguh-sungguh dalam menjalankan keduanya.

Praktikan dan Asisten Praktikum pada semester ganjil Tahun Akademik 2019/2020 yang nantinya akan bergelut dalam laboratorium dan pengamatan di alam bebas membutuhkan tambahan pengetahuan. Hal ini demi terwujudnya praktikum di laboratorium dan praktikum di lapangan yang lancar tanpa hambatan apapun. Demikian yang disampaikan Kepala Laboratorium Biologi.

"Acara ini merupakan bekal kepada adik-adik asisten dan praktikan agar menghindari atau meminimalisir kecelakaan di dalam laboratorium akibat kekurangtahuan mereka. Satu lagi, berbeda dengan tahun sebelum-sebelumnya, kali ini terdapat materi tentang Etika Beraktivitas di Alam Bebas. Materi ini dipandang penting karena seringnya kita keluar untuk melaksanakan Praktikum Lapangan", ucap Eka Sukmawati, M.Si. dalam sambutannya.

Melalui materi Kesehatan dan Keselamatan Kerja (K3) di Laboratorium, Nurzakiyah Febriani, M.Ph. memaparkan tentang bagaimana pengelolaan laboratorium, standar keamanan, dan praktik keselamatan. Materi ini dikemas dengan konsep serius ditutup dengan video dari PT. Merk yang disambut dengan antusias oleh peserta kuliah umum. Berbeda dengan materi K3, materi Etika Beraktivitas di Alam Bebas dikemas dengan konsep serius namun santai diselingi canda tawa. “Mahasiswa terikat oleh fungsinya sebagai Moral Force (kekuatan moral), sehingga dalam bertindak dan bertingkah laku harus memberikan teladan yang baik kepada masyarakat luas. Hal baik ini bisa dimulai dari hal yang sederhana, yaitu dengan memperhatikan etika ketika berada di alam bebas”, ujar Syarif Hidayat Amrullah, M.Sc., yang dalam kesempatannya juga mengajak kepada seluruh peserta untuk mengoptimalkan peran website dan media sosial jurusan.

Setelah penyampaian materi dan tanya jawab dengan pemateri, acara kemudian dilanjutkan dengan penyerahan penghargaan kepada Laboratorium dan Laboran Terbaik. Penghargaan untuk Laboratorium Terbaik untuk tahun ini diberikan kepada Laboratorium Ekologi yang dipandang mampu menunjukkan perkembangan pesat di bawah kerjasama apik antara laboran dengan mahasiswa magangnya. Sedangkan untuk kategori Laboran Terbaik jatuh kepada Ibu Kurniati, S.Si sebagai laboran di Laboratorium Mikrobiologi. Aparesiasi diberikan oleh Kepala Laboratorium kepada Ibu Kurni, begitu beliau disapa, karena dapat menyeimbangkan peran sebagai laboran dan ibu rumah tangga. Terlihat dari kinerjanya yang tetap maksimal meski sambil merawat anaknya.

Kegiatan ditutup dengan foto bersama dan penyerahan sertifikat kepada seluruh mahasiswa magang yang telah berhasil menyelesaikan Program Magang di Laboratorium Biologi periode 2018/2019 lalu. Rangkaian kegiatan penutup ini juga merupakan suatu bentuk apresiasi kepada laboran beserta para mahasiswa magang selama masa abdinya. Keep your excellent work, Young Biologist! (AM/SHA)