Ketua Jurusan Biologi Hadiri Rakernas KOBI dan Special Training di Pontianak

  • 14 September 2019
  • 03:26 WITA
  • Admin_Bio
  • Berita

Konsorsium Biologi Indonesia (KOBI) mengadakan Rapat Kerja Nasional (Rakernas) akhir pekan lalu, atau tepatnya Sabtu, 7 September 2019. Turut hadir dalam kesempatan tersebut Dekan Fakultas Sains dan Teknologi (FST) UIN Alauddin Makassar, Prof. Dr. Khalifah Mustami, M.Pd. didampingi oleh Ketua Jurusan Biologi, Bapak Dr. Mashuri Masri, S.Si., M.Kes. Berlangsung di Gedung Konferensi Universitas Tanjungpura Pontianak, kegiatan Rakernas ini dirangkaikan dengan Special Training Penyusunan Dokumen Akreditasi 4.0.

Kegiatan yang berlangsung dari pagi hingga sore hari Sabtu lalu tersebut dihadiri oleh semua ketua Jurusan/Program Studi Biologi dan Pendidikan Biologi jenjang S1, S2, dan S3 dari seluruh Indonesia. Selain ketua jurusan/program studi Biologi, terdapat beberapa Dekan dari Fakultas MIPA atau Fakultas Sains dan Teknologi, serta beberapa peserta dari kalangan dosen biologi yang ditugaskan mewakili jurusannya dari seluruh wilayah nusantara.

Dibuka oleh Ketua KOBI, Prof. Dr. Budi Setiadi Daryono, M.Agr.Sc., acara dilanjutkan dengan materi “Pengantar Tentang Paradigma Esensi Instrumentasi Akreditasi 4.0 dan Perbedaan dengan Instrumentasi Sebelumnya” yang dibawakan oleh Prof. Dr. Tati Suryati Syamsuddin, M.S., DEA, selaku Asesor Senior BAN-PT dan juga dosen senior di Institut Teknologi Bandung (ITB) didampingi oleh Prof. Dr. Sri Mulyani Endang Susilowati, M.Pd., yang merupakan dosen senior dari Universitas Negeri Semarang (Unnes). Agenda selanjutnya, masih dengan pemateri yang sama, yaitu “Penjelasan Tentang Dokumen LKPS" dan “Introduksi tentang Dokumen LED”.

KOBI menjadi wadah untuk meningkatkan kualitas kurikulum dan akademik, serta sinergitas antar jurusan biologi dan pendidikan biologi se-Indonesia. “Perubahan dokumen akreditasi dari 3.0 menjadi 4.0 di tahun 2019 memerlukan persiapan dari semua program studi atau jurusan dalam mengantisipasi perubahan tersebut”, ujar Dr. Mashuri ketika ditanya mengenai latar belakang pelaksanaan kegiatan Rakernas dan Special Training ini.

     Acara yang diakhiri dengan mengikuti Penutupan Konfrensi Internasional ini berlangsung dengan hikmat dan penuh nuansa kekeluargaan.  Keberlanjutan acara ini berupa evaluasi dari setiap kegiatan KOBI di Rakernas selanjutnya. (SHA)