Sambut Tahun Akademik Baru, Jurusan Biologi Siapkan Kurikulum 2019

  • 01-08-2019
  • 02:03 WITA
  • admin_bio
  • Berita

Penginputan KRS Mahasiswa untuk Semester Ganjil ditunda sampai 5 Agustus

Tahun Akademik 2018/2019 baru saja berakhir dan akan berganti dengan Tahun Akademik baru 2019/2020 yang sedianya akan dimulai kurang lebih sebulan ke depan, yakni pada 1 September 2019.

Menyambut tahun akademik yang baru ini, tim Dosen Jurusan Biologi menggelar rapat persiapan Lokakarya Kurikulum 2019. Rapat yang berlangsung selama tiga hari, dari Senin s.d. Rabu/ 29 s.d. 31 Juli 2019, ini membahas mengenai pemetaan kompetensi dosen, penetapan dosen pengampu mata kuliah binaan, mata kuliah wajib dan pilihan, serta penyesuaian mata kuliah di Jurusan Biologi FST UIN Alauddin Makassar berdasarkan Panduan Penyusunan Kurikulum Perguruan Tinggi.

Dengan penambahan 8 orang dosen dan 1 orang pranata laboratorium melaui jalur CPNS 2018 yang lalu, serta Naskah Akademik Sarjana dari Konsorsium Biologi Indonesia (Kobi), maka dipandang perlu untuk melakukan penyesuaian kurikulum lama, yang terakhir diperbarui tahun 2014 silam. Penyesuaian kurikulum ini untuk memberikan penyegaran serta mempersiapkan mahasiswa menjadi alumni yang siap bersaing di dunia kerja dan mengemban profesi baru sebagai seorang Biologis di Era Revolusi Industri 4.0.

Rapat yang digelar di “Meja Hijau” Jurusan Biologi dan dipimpin langsung oleh Ketua dan Sekretaris Jurusan ini berlangsung cukup alot. Hal ini disebabkan oleh adanya beberapa mata kuliah yang ditambahkan dan dihilangkan/melebur dengan mata kuliah lain, mata kuliah yang bobot SKS-nya bertambah/berkurang, penempatan mata kuliah dasar sebelum terapannya,  pengelompokan mata kuliah agar sesuai dengan Bonggol Keilmuan dari Kobi, serta penentuan mata kuliah konversi.

Alotnya rapat persiapan ini berimbas pada penginputan KRS Mahasiswa yang harus ditunda sampai tanggal 5 Agustus mendatang, karena rencananya Lokakarya Kurikulum 2019 baru akan diadakan akhir pekan ini. (SHA/ZN)