HMJ Biologi Gelar "Seminar Keilmuan: Evolusi dalam Islam"

  • 05-12-2018
  • 01:33 WITA
  • admin_bio
  • Berita

Himpunan Mahasiswa Jurusan (HMJ) Biologi FST UIN Alauddin Makassar kali ini menggelar seminar keilmuan yang bertemakan "Evolusi dalam Islam". Kegiatan ini merupakan kegiatan terakhir sebelum berakhir masa kepengurusan periode 2017/2018. Seminar ini dilaksanakan pada hari Selasa, 04 Desember 2018 di LT. Fakultas Sains dan Teknologi UIN AM, seminar ini diikuti sekitar 80 peserta yang terdiri dari mahasiswa Biologi dan beberapa mahasiswa dari jurusan lain serta beberapa dosen Biologi FST UIN AM.

"Seminar dengan tema "Evolusi dalam Islam" ini menurut saya sangatlah menarik karena mengaitkan antara evolusi dengan islam, apalagi kita ini kebanyakan dari Biologi yang mempelajari tentang evolusi. Dan apakah dalam islam terdapat evolusi, nanti kita akan tau dari pemateri2 kita ini" tutur Hasyimuddin, S.Si., M.Si selaku sekertaris jurusan saat memberikan sambutan pembukaan pada seminar ini (4/12/18)

Seminar keilmuan ini dibawakan oleh dua pemateri yang ahli dibidangnya masing-masing dan dipandu langsung oleh Hajrah, S.Si., M.Sc. Pemateri pertama Dr. Fatmawati Nur, S.Si., M.Si membahas tentang evolusi dalam perspektif Biologi berhubung beliau juga merupakan salah satu dosen di Jurusan Biologi yang ahli dalam evolusi, beliau memberikan pengantar-pengantar dasar tentang teori Evolusi dari persepektif Sains. Selanjutnya pemateri kedua, Basri La Pabbaja, S.Fil. I yang menyampaikan tentang bagaimana evolusi dalam perspektif islam "Evolusi bukan hanya terjadi secara fisik melainkan juga terjadi secara psikis dan spiritual yang disebabkan salah satunya oleh lingkungan sekitar. Alam itu mengalami evolusi juga sebagai bentuk kecintaannya terhadap sang pencipta untuk menuju kesempurnaan penciptaan, itu kata Jalaluddin Rumi" kata  Basri La Pabbaja saat menyampaikan materinya. (Z-AM)