Rekrutmen Asisten Praktikum Biologi semester Ganjil 2018-2019

  • 14-09-2018
  • 03:24 WITA
  • admin_bio
  • Berita

Sebanyak 33 orang calon asisten praktikum Biologi periode ganjil 2018-2019 dari berapa angkatan yang ada di jurusan Biologi mengikuti tes tulis penerimaan asisten Biologi pada Senin, 10 September 2018 setelah sebelumnya menyetor berkas pendaftran asisten dan ditetapkan sebagai peserta ujian tulis. Rahmat Fajrin Alir selaku panitia penerimaan asisten kali ini mengaku bahwa untuk periode kali ini pihak laboratorium sudah membuka pendaftaran asisten ini sejak akhir Agustus kemarin, selain itu juga Pria yang sementara menyusun tugas akhir ini mengatakan bahwa pihak laboratorium saat ini membutuhkan asisten yang lumayan banyak melihat jumlah kelas untuk praktikum semester ini juga bertambah, seperti yang terjadi pada kelas praktikum Taksonomi Hewan, Mikrobiologi, dan Genetika-Biomolekuler yang pada tahun-tahun sebelumnya hanya terdiri 2 kelas maka untuk semester kali ini bertambah menjadi 3 kelas sehingga  kebutuhan jumlah asisten juga meningkat.

Pada Periode semester ini ada 6 mata kuliah praktikum yang akan dilaksanakan, yaitu Taksonomi Hewan, Taksonomi Tumbuhan, Biokimia, Mikrobiologi, Biologi terapan dan Bioteknologi, dan Genetika-Biologi Molekuler yang akan dikordinir masing-masing oleh laboran yang ada. Selanjutnya Menurut Zulkarnain yang juga merupakan Laboran Botani bahwa selain peserta yang mengikuti tes tulis ada juga beberapa orang asisten yang ditunjuk secara langsung/direkomendasikan oleh dosen penanggung jawab mata kuliah menjadi asisten praktikum tanpa mengikuti proses seleksi. “Setelah pelaksaan tes hari ini,  maka akan dilakukan penetapan asisten secara resmi oleh kepala laboratorium Biologi melalui rapat bersama panitia penerimaan asisten yang selanjutnya akan diikuti dengan kegiatan pembekalan bagi asisten yang diawali terlebih dahulu dengan pertemuan asisten dengan unsur laboratorium” Lanjutnya.

Kegiatan praktikum untuk periode ini akan dibuka pada hari Jumat, 21 September 2018 dengan agenda awal seminar Kesehatan dan Keselamatan Kerja (K3) Laboratorium, sebagai bentuk pengenalan tentang safety Laboratory kepada para asisten dan praktikan yang akan melaksanakan praktikum, terlebih pada praktikum kali ini ada beberapa praktikum yang menggunakan bahan-bahan kimia yang berbahaya sehingga perlunya diadakan kegiatan ini sebagai pembuka rangkaian praktikum kali ini. (Z-NA)