Mahasiswa Jurusan Biologi Melakukan Seminar Hasil PKL di Balaiserealia-Maros

  • 09-03-2018
  • 02:52 WITA
  • admin_bio
  • Berita

Mahasiswa UIN Alauddin Makassar Jurusan Biologi Fakultas Sains Dan Teknologi melaksanakan Praktek Kerja Lapang (PKL) di Balaiserealia-Maros yang berjumlah 14 orang dari kelti (lab) yang berbeda-beda seperti Biologi Molekuler, Hama Penyakit dan Pemuliaan yang berlangsung selama 2 bulan. Dimana kita ketahui PKL merupakan  salah satu syarat dalam menyelesaikan studi S1 di Jurusan Sains Biologi.

Dimana PKL yaitu kegiatan yang dapat memberikan informasi kepada mahasiswa tentang ilmu dan penerapannya dalam kehidupan masyarakat. Praktek lapang ditujukan ke para Mahasiswa untuk menggali lebih dalam mengenai pengetahuannya yang didapat selama kuliah dan mengaplikasikannya pada PKL dengan melihat secara langsung jenis komoditi dan beberapa varietas yang dikembangkan baik dalam bentuk fisologis maupun morfologinya. Serta ide awal untuk mangajukan  sebuah judul ‘skripsi’ ke depannya.

Selama PKL berbagai aktivitas dilaksanakan seperti halnya seminar hasil yang dilakukan oleh  Mahasiswa UIN Alauddin Makassar dan Universitas Cokroaminoto (UNCOK) semuanya berasal dari jurusan Biologi. Kegiatan inipun dilaksanakan di Desa Bajeng dan di Balaiserealia-Maros itu sendiri dengan Judul “Pengamatan Populasi Bebarapa Musuh Alam (Predator) Hama Utama Tanaman Jagung Di Kp. Maros Dan Kp. Bajeng Balitsereal Maros Pada Beberapa Umur Tanaman”. Kegiatan ini pun dilaksanakan pada Tanggal 02 Februari 2018 di Auditorium Prof. Dr. Ibrahim Manwan yang diikuti oleh berbagai Mahasisa yang ada di Makassar yang sedang melakukan PKL serta  dihadiri oleh para peneliti hebat Balit.

 Seminar ini pun diapresiasi penuh oleh peneliti Balit karena ini merupakan seminar yang pertama kali dilakukan oleh Mahasiswa yang melangsungkan PKL. Pungkas Pak Anwar  salah satu Pegawai dari Balit yang menghampiri kami setelah berakhirnya acara seminar. Tujuan pembimbing Ir.M.Sudjak Saenong memilih Mahasiswa dalam seminar tersebut ingin menjadikan Mahasiswa lebih berani dan bersaing dari Mahasiswa lain kedepannya. Salah satu peneliti Ir. A. Haris Talanca  juga menawarkan kami untuk melanjutkan penelitian (skripsi) di Balaiserealia ini. 

(Ika Rini Puspita)