Bersinergi dengan Alam Sebagai Sarana Aplikatif Mahasiswa Biologi

  • 01-02-2018
  • 01:19 WITA
  • admin_bio
  • Berita

Pesona Kabupaten Enrekang seakan tak ada habisnya untuk dinikmati, setelah sepekan lalu mahasiswa semester V Jurusan Biologi mengadakan kunjungan Etnobotani dan Konservasi SDA di Kawasan Adat Kaluppini, maka pada tanggal 05-07 Januari 2018 mahasiswa semester III Jurusan Biologi kembali mengunjungi daerah yang terkenal dengan sebutan “Bumi Massenrempulu” itu dalam rangkaian kegiatan praktikum lapangan Taksonomi Tumbuhan yang berlokasi di dusun Dedekan, Desa Sumillan Kec. Enrekang.

Pada kegiatan praktikum lapangan ini jumlah peserta yang berpartisipasi sekitar 90 orang yang terdiri dari praktikan, asisten praktikum, pendamping lapangan dan juga dosen Jurusan Biologi, serta turut berpartisipasi pula sektretaris Jurusan Biologi. Kegiatan ini seperti kegiatan praktikum lapangan sebelumnya yang bertujuan untuk lebih mengetahui kelimpahan biodiversitas yang ada di daerah tertentu dan juga bentuk aplikatif setelah melaksanakan praktikum di laboratorium selama skitar 2 bulan. Nurlailah Mappanganro Selaku Dosen penanggung jawab mata kuliah ini menuturkan bahwa “Kegiatan praktikum lapangan ini diharapkan sebagai bentuk edukatif mahasiswa di lapangan dengan langsung mengamati jenis-jenis tumbuhuan yang meliputi tumbuhan tingkat tinggi dan rendah di habitat aslinya”.

Selama berada di lokasi kegiatan ada beberapa item kegiatan yang dilakukan diantaranya sesi menghafal nama ilmiah tumbuhan, pembuatan herbarium, deskripsi tumbuhan, dan tracking menyusuri hamparan kebun salak, hutan dan gunung yang berada di Desa Sumillan. Tujuan utama dari kegiatan tersebut adalah pengamatan langsung tumbuhan pada habitat aslinya yang sekaligus mengidentifikasi tumbuhan tersebut sebagaimana yang disampaikan oleh Iqrima Sani selaku Kordinator asisten Praktikum Taksonomi Tumbuhan.

Penulis: Zul’k