Seminar Nasional "Sains dalam Perspektif Islam"

  • 13 Januari 2021
  • 12:32 WITA
  • Admin FST
  • Berita

Pusat kajian islam, science dan teknologi UIN Alauddin bekerjasama dengan fakultas sains dan teknologi mengadakan Seminar Nasional dengan tema "Sains dalam Perspektif Islam". Seminar ini menghadirkan Prof. Eko Budhiharjo (Mantan Rektor UNDIP) dan Mashuri Masri, S.Si, M.Kes (Dosen Biologi Fak. Sainstek UIN). Seminar yang dipandu oleh Dr. Anwar Sadar, M.Ag berjalan lancar.

Seminar ini dihadiri Rektor UIN Alauddin, Wakil rektor, Dekan Fak.Saintek, Kajur dan Sekjur, Dosen dan mahasiswa UIN Alauddin. Tak lupa, ibu Fatmawati Nur, S.Si, M.Si selaku kajur Biologi FST juga hadir dalam seminar ini.

Dalam paparannya, Prof. Eko menyatakan bahwa saintek dan Islam ibarat kaki kiri dan kaki kanan, dua entitas berbeda namun berjalan bersama. Hal ini bukan sesuatu yang harus diperdebatkan, akan tetapi harus saling mendukung. Dan sebagai seorang saintis, maka berfikir harus berkorelasi dengan berdzikir, pun sebaliknya. Dalam memaparkan presentasinya, Prof. Eko tak lupa menyelingi dengan pantun-pantun karangan beliau.

Sesi kedua, diisi oleh Bapak Mashuri Masri, S.Si, M.Kes. Dalam paparannya, beliau menjelaskan tentang cara mendzikirkan DNA. Bahwa manusia memiliki gen yang sama dengan Rasulullah, tinggal bagaimana kita mengaktifkan gen yang baik dan meng-off-kan gen yang buruk.

Di akhir seminar, Prof. Eko membagikan beberapa buku hasil karya beliau serta pemberian cindera mata sebagai ucapan terima kasih atas kesempatan beliau hadir di UIN Alauddin, Makassar.