Mahasiswa Biologi Mengikuti Kegiatan MBKM Gama Melon Parfum di Universitas Gadjah Mada dan Bekerja Sama dengan PT. Gizi

  • 29 September 2022
  • 03:53 WITA
  • Admin_Bio
  • Berita

Sebanyak 4 mahasiswa Jurusan Biologi mengikuti kegiatan Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) Gama Melon Pafum di Universitas Gadjah Mada, yaitu : Fitriani Auriga Sunusi, Masita, Husnul Sri Mulyani Harja dan Nurdilfa.

Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) adalah program merdeka belajar yang dicanangkan oleh Menteri Pendidikan dan Kebudayaan dengan tujuan meningkatkan kompetensi mahasiswa baik soft skill maupun hard skills untuk menyiapkan lulusan yang unggul, berkepribadian dan dapat menguasai berbagai keilmuan yang nantinya berguna di dunia kerja.


Program MBKM Gama Melon Parfum ini adalah hasil kerja sama dari tiga fakultas di Universitas Gadjah Mada yaitu Fakultas Biologi, Fakultas Farmasi dan Fakultas Pertanian yang berjudul “Gama Melon Parfum Sebagai bahan Baku Produk BabyCare”. Kegiatan ini dilakukan secara offline selama kurang lebih 2 bulan dan online dengan keseluruhan program selama 4 bulan. Program MBKM ini juga didukung oleh PT Gizi Indonesia yang bertempat di Bogor sebagai mitra dan tempat bagi mahasiswa merasakan secara langsung dunia kerja industry, dalam hal ini pembuatan kosmetik.

Kegiatan MBKM Gama Melon Parfum memiliki kompetensi dengan total 20 SKS yang terdiri atas budidaya hidroponik sebagai bahan baku (5 SKS), prosesing pemanenan dan pascapanen (2 SKS), pengolahan dan ekstraksi bahan baku (2 SKS), magang industry PT. Gizi (5 SKS) kepemimpinan dan kerjasama (2 SKS), serta marketing dan komersialisasi produk (4 SKS). 


Program MBKM ini dimulai pada pertengahan bulan September tepatnya di tanggal 16 yang bertempat di fakultas biologi UGM dengan peserta terdiri dari mahasiswa Universitas Pendidikan Indonesia, UIN Alauddin Makassar dan Universitas Gadjah Mada dengan total peserta 15 orang. Pada kegiatan ini materi diulas oleh oleh Dekan Fakultas Biologi UGM, Prof. Dr. Budi Setiadi Daryono, M. Agr. Sc. dan Dr. apt. Teuku Nanda Saifullah Sulaiman, S.Si., M.Si. 

Kegiatan selanjutnya pada tanggal 19-20 September 2022 adalah budidaya hidroponik dan konvensional di Desa Mutihan, Prambanan, Sleman, Yogyakarta. Materi disampaikan oleh Ketua tim Gama Melon Adib Fakhruddin Yusuf, S.Si. dan penanggung jawab tim Gama Melon Dian Sartika, S.Si., M.Sc. bersama dengan anggota lainnya yaitu Ina Nur Hidayati, Laras Nur Janah, Nabila R. A., dan M. Syafiatol Huda. Adapun praktek budidaya yang dilakukan terdiri dari persiapan media tanam, penyemaian, pindah tanam, pemanenan, dan preparasi benih Gama Melon.


Pemberian materi selanjutnya pada tanggal 21 September 2022 dilakukan di Hotel Grand Keisha oleh pihak NAHLA Academy, Yoso Lukito dengan materi research market, digital marketing dan management event, dan Sirun Muyassirun, mengenai content creator. Pada sesi tersebut, peserta diajarkan cara membuat konten digital, mulai dari cara mengambil foto, editing, hingga mendesain produk yang ingin dipasarkan. Tanggal 22 September dilanjutkan dengan pemberian materi oleh dosen Fakultas Pertanian, Dr. Ir. Supriyadi, M.Sc. mengenai fisiologi dan penanganan buah pasca panen. Beliau memaparkan bahwa terdapat beberapa metode dan teknologi yang dapat mencegah dan meregulasi proses pematangan buah sehingga buah yang didistribusikan merupakan buah berkualitas.  Materi selanjutnya disampaikan oleh pihak PT. Gizi Indonesia, Apt. Ayi Indah Utami, S.Farm. dan Zahra Abiyyah Lamis, S.T. mengenai product development. Pada sesi tersebut, peserta diedukasi mengenai ingredient kosmetik yang baik dan tipe  ingredient sesuai jenis kulit.

Tidak hanya itu, peserta juga diajak berpartisipasi sebagai panitia pada acara “Launching Produk Shampoo NO MORE ITCHY with Gama Melon Parfume Extract” sebagai praktek management event yang dilaksanakan di Hotel Grand Keisha, pada hari Sabtu, 24 September 2022. Rangkaian kegiatan MBKM dilanjutkan di Laboratorium Teknologi Formulasi Sediaan Cair Semipadat Fakultas Farmasi UGM pada tanggal 26, 27 dan 28 September 2022. Peserta  MBKM memperoleh pengalaman membuat produk kosmetik berupa sediaan lotion, gel dan serum berbahan dasar Gama Melon Parfum yang meliputi proses ekstraksi, formulasi dan pengujian kualitas sediaan. 

Pengalaman terjun di dunia kerja didapatkan pada magang industri di PT. Gizi Indonesia, Ciawi, Bogor, Jawa Barat sebagai lanjutan dari rangkaian kegiatan MBKM. Di PT Gizi ini, peserta magang selama 3 pekan dan dibagi ke dalam beberapa divisi yaitu (1) produksi dan inventory, (2) promo dan content creator, dan (3) quality assurance, quality control dan R&D. Setiap peserta yang dibagi memiliki kesempatan bekerja secara langsung di divisi tersebut dan dilakukan perollingan setiap satu minggu sekali sehingga peserta MBKM dapat merasakan pengalaman bekerja pada setiap divisi dan hal ini dapat menjadi gambaran dunia kerja yang sesungguhnya.


Menurut salah satu peserta MBKM dari jurusan biologi Fitriani Auriga, kegiatan ini sangat bermanfaat bagi seluruh peserta yang mengikuti rangkaian kegiatan MBKM. Menurutnya kegiatan ini memberikan manfaat nyata baik dari soft skill maupun hard skill.

“Saya senang sekali, dua bulan seperti terasa cepat sekali. Semua ilmu yang kami dapatkan langsung dari ahlinya”, ungkapnya



*NM