Angkatan Termuda (2017) Biologi Menjajal Biodiversitas Hutan Pendidikan Unhas melalui “Praktikum Lap

  • 15-05-2018
  • 04:27 WITA
  • admin_bio
  • Berita

Mahasiswa Jurusan Biologi, Fakultas Sains dan Teknologi, UIN Alauddin Makassar kembali melakukan praktikum lapangan Botani Dasar pada tanggal 4-6 Mei 2018 dan kali ini dilakukan oleh mahasiswa angkatan 2017 yang didampingi oleh beberapa asisten, pendamping, laboran dan dosen penanggung jawab mata kuliah.

            Kegiatan ini dilaksanakan di Hutan Pendidikan UNHAS, bengo-bengo, Maros, selama tiga hari. Tempat ini merupakan salah satu kawasan penelitian bagi Dosen dan Mahasiswa di Fakultas Kehutanan UNHAS, selain itu juga tempat ini merupakan tempat yang sudah sekian kalinya dijadikan lokasi kegiatan praktikum lapangan oleh jurusan Biologi, bahkan menurut Hasyimuddin, S.Si., M.Si. yang juga merupakan Alumni Pertama Biologi yang kini menjabat sebagai Sekretaris Jurusan Biologi mengatakan bahwa angkatan merekalah (2005) yang pertama kali melaksanakan kegiatan praktikum lapangan di sini, tepatnya ketika itu praktikum lapangan Botani Tumbuhan Rendah, hal senada juga dilontarkan oleh Zulkarnain, S.Si., selaku Koordinator Praktikum lapangan kali ini yang ketika masih menjadi mahasiswa di Jurusan Biologi, Hutan Pendidikan Unhas ini merupakan lokasi pertama kegiatan praktikum lapangan di angkatannya (2007)

Kegiatan praktikum lapangan (Praklap) merupakan kegiatan rutin yang selalu dilaksanakan setelah selesai melakukan praktikum di dalam laboratorium, dalam artian kegiatan ini merupakan suatu bentuk pengaplikasian ilmu di alam yang merupakan ruang lingkup biologi yang telah diperoleh di dalam Laboratorium. “Biologi itu tidak hanya bergelut di dalam Laboratorium, namun biologi juga bergelut di lapangan, baik itu di hutan, gunung maupun laut dan juga kita sebagai mahasiswa Sulawesi Selatan ikut serta dalam memperkenalkan biodiversitas lokal khususnya di Sulawesi Selatan ” tutur Mashuri Masri., S.Si., M.Kes. selaku ketua Jurusan Biologi saat acara pelepasan, 03 Mei 2018 di hadapan para peserta praktikum lapangan.

Pada kegiatan praktikum lapangan ini ada beberapa kegiatan yang dilakukan yaitu tracking yang bertujuan mengenali kenakeragaman dengan metode jelajah yang ada di daerah tersebut, penghapalan nama ilmiah tumbuhan, pendeskripsian tumbuhan dan juga dilakukan pembuatan herbarium sebagai tugas besar dalam praktikum ini. (AM-ZK)


Berita Terkait