Mengaplikasikan Ilmu di Ruangan, Mahasiswa Biologi Mengeksplor Samatellu Pe’da’

  • 28-12-2017
  • 02:36 WITA
  • admin_bio
  • Berita

Sebanyak 70 mahasiswa Jurusan Biologi Fakultas Sains dan Teknologi mengisi akhir pekan di Pulau Samatellu Pe’da’ dalam rangkaian Praktek Kerja Lapangan Zoologi yang berlangsung sejak 15 hingga 17 Desember 2017. Kegiatan ini menjadi salah satu bagian dari praktikum Zoologi sebagai mata kuliah yang fokus mengkaji tentang hewan.

Samatellu Pe’da menjadi lokasi praktikum ketiga kalinya secara berturut turut dari tahun ke tahun.Untuk mengakses Pulau yang berada di Kabupaten Pangkep, Kecamatan Liukang Tupa’biring, Desa Mattirowalie ini dibutuhkan waktu selama satu jam perjalanan dengan menggunakan kapal khusus penumpang yang diinisiasi oleh masyarakat setempat.

Berdasarkan penuturan Zulkarnain, Laboran yang mendampingi Praklap ini mengatakan bahwa kegiatan ini diharapakan menjadi ajang mengaplikasikan ilmu yang didapatkan dalam laboratorium.

“Harapannya Praklap dapat dijadikan momen aplikatif mahasiswa di lapangan dan secara langsung dapat melihat objek yang selama ini menjadi fokus kajian Zoologi”. Ungkap Zulkarnain.

Senada dengan hal tersebut Koordinator Asisten, Rahmat Fajrin Alir atau akrab disapa Aso’ mengungkapkan, “Tidak cukup kalau hanya di Lab, makanya diperlukan ini praklap supaya mereka tau secara langsung hewan dan lingkungannya”.

Kegiatan ini memang menjadi salah satu prasyarat dalam mata kuliah praktikum zoologi sebab dari kegiatan ini akan dicapai ilmu secara langsung dari tempat hidup hewan laut.

Praktikum Lapangan ini diisi dengan melakukan berbagai pengamatan yakni pengamatan pasang surut, arus, tinggi gelombang, suhu, salinitas, pH, Disolved Oxgen dan pengamatan spesies invertebrata.

Penulis : Nurman Marang

Berita Terkait